Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Dagang di Desa Menguntungkan Dengan Modal Kecil 2021

 Peluang-Usaha-Dagang-di-Desa

Peluang usaha dagang di desa tidak terlalu populer dibandingkan peluang usaha di kota. Mengapa harus menggarap peluang usaha di daerah sepi ? Padahal hal itu sebenarnya berbading terbalik dengan kondisi nyata di lapangan. 

Disini niatusaha.com akan coba membuka pikiran rekan – rekan pembaca sekalian bahwasannya di desa, peluang usaha tersebut terbuka lebar.

Apakah kalian tau apabila desa itu mempunyai sumber daya utamanya yaitu alam yang sama sekali tidak dimiliki oleh orang perkotaan. Hadirnya perkembangan teknologi informasi di jaman yang modern ini secara tidak langsung membuat peluang dagang di desa semakin menjadi banyak pilihan dan membesar seiring waktu.

Apa yang diperlukan untuk sukses dengan peuang usaha dagang di desa? Yang diperlukan adalah inovasi usaha di desa tersebut. Usaha yang sudah ada tinggal kita lihat, kita tiru, kemudian kita modifikasi sesuai dengan kondisi sekitar.

Kami niatusaha.com bisa mengatakan kepada kalian yang tingga di desa harus sangat berbahagia karena kalian memiliki peluang usaha yang dapat menjadi lebih unggul. Hal tersebut dikarenakan semua kebutuhan orang di perkotaan teruntuk dalam hal kebutuhan yang paling dasar yaitu makanan, semuanya berasal dari daerah pedesaan bukan? 

Kalian dituntut untuk menciptakan peluang usaha di desa kalian sendiri dari segala potensi yang ada di sekitar kalian.

Selain itu di pedesaan  sendiri, semua orang di mempunyai variasi kebutuhan yang akan seterusnya dibutuhkan sehingga dapat membuat permintaannya menjadi semakin tinggi dan berkelanjutan.

Apa sih usaha dagang yang cocok di desa? Lalu apa pula usaha di desa untuk pemula?

Untuk peluang usaha dagang di desa ini, setidaknya kita dapat membaginya dalam 2 tipe kategori besar yang kemungkinan untuk dikembangkan sangat besar kesempatannya. Berikut pembahasannya: 

 

Peluang Usaha Dagang Di Desa Dengan Cara Offline

Seperti yang sudah dikatakan diatas, orang – orang di pedesaan pun mempunyai kebutuhan – kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Hal – hal tersebut menjadi peluang untuk kalian kembangkan dan jadika peluang usaha.

Berpikirlah kreatif untuk melihat kebutuhan lingkungan sekitar kalian. Penuhi kebutuhan mereka. Kalian bingung memilihnya?

Cara mudahnya adalah hanya dengan melihat peluang usaha dikota, kemudian kalian cocokkan dengan kondisi di desa kalian sendiri. Apakah ada kebutuhannya? Jika ada modifikasilah peluang usaha tersebut agar dapat mudah diterima di lingkungan pedesaan kalian. 

Janganlah serta merta semua peluang usaha di kota kalian langsung adopsi ke desa kalian. Hal tersebut dapat membuat kesempata sukses kalian menjadi berkurang.

Niatusaha.com akan coba memberikan beberapa ide untuk peluang usaha di desa dengan cara offline ya:

Membuka toko kelontong

Seperti kebanyakan yang sudah dibahas dimana – mana, ini adalah jenis peluang usaha dagang di desa yang paling banyak dipilih dan memang memiliki kesempatan yang masih besar sampai saat ini. Toko kelontong mempunyai cirri khas untuk menjual berbagai macam kebutuhan orang - orang dimulai dari kebutuhan pokok baik dari pangan hingga sandang.

Sehari - hari toko kelontong memberikan segala kemudahan kepada semua orang dalam sebuah lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya. Lokasi toko kelontong yang ada di dalam sebuah lingkungan membuat gampang untuk orang jangkau dan praktis bagi mereka untuk berbelanja. 

Mengapa tidak? Sebagai contoh saja, ada orang yang ingin membeli satu sachet shampoo dengan harga Rp. 500,- . Orang tersebut hanya butuh pergi ke toko kelontong di dalam lingkungan rumahnya saja tanpa perlu harus dandan dan hanya berjalan beberapa meter saja dari rumahnya.

Memilih menjual Beberapa Komoditas Khusus

Cobalah untuk memilih antara satu atau beberapa komoditas yang akan kalian perjual belikan. Cara ini dapat membuat kalian menjadi jauh lebih fokus dan menguasai jenis produk tersebut. Hasilnya nanti kalian akan dikenal sebagai seseorang yang selalu memberikan produk yang terbaik bagi semua orang di desa kalian karena antara kalian mumpuni dalam produk tersebut atau hanya kalian saja yang mempunyai barang tersebut untuk diperjual belikan.

Apakah kalian sudah membaca atau belum membaca artikel kami sebelumnya perihal Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal ? Kalian bisa menerapkan trik dan tips nya untuk berjualann komoditi khusus ini. Menjadi distributor tungga untuk beberapa komoditi khusus di desai kalian. Peluang usaha yang sangat menjanjikan bukan? 

Menjual Bahan Bangunan

Gak cuma bahan makanan saja loh yang dibutuhkan orang- orang di pedesaan. Kegiatan untuk membangun dan memperbaiki rumah dan lingkungan pun menjadi kebutuhan yang akan terus-menerus dibutuhkan di desa.

Karena hal tersebutah untuk produk yang berhubungan akan segala proses kontruksi atau bangunan akan selalu dikunjungi konsumen.

Dibanding mereka pergi dengan jarak yang lumayan ke kota untuk membeli bahan bangunan, kenapa tidak mereka pergi ke toko bahan bangunan terdekat yang ada di lingkungan desa mereka sendiri? Terdengar seperti peluang usaha yang bagus bukan?

Menjual Makanan

Semua sudah tahu dan jelas akan satu peluang yang selalu dilirik dan menjadi pilihan utama banyak orang untuk dijalankan sebagai tempat mencari pendapatan.

Menjual makanan ini dapat berupa apa saja. Bisa berupa Rumah makan ataupun kios atau kedai snack terkini yang menjual jajanan kekinian yang sudah trend di kota misalnya. 

Rumah makan memang menjadi pilihan terbaik untuk siapa saja yang ingin memenuhi kebutuhan isi perutnya dengan cara yang praktis, cepat dan tidak merepotkan.

Menjual Pakaian dan Segala Perlengkapan fashion

Baik di kota maupun di desa sekalipun, penampilan adalah kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Seiring dengan berjalannya waktu, tingkat kehidupan ekonomi yang makin meningkat berbanding lurus dengan pakaian dan fashion yang dijadikan sebagai kebutuhan yang masuk daftar kebutuhan prioritas.

Oleh sebab itu membuka sebuah toko pakaian di desa menjadi satu peluang usaha dagang di desa yang sangat menggiurkan. Meskipun tidak semua orang bakal membeli baju setiap bulan, akan tetapi margin keuntungan dari peluang dagang ini yang lumayan besar membuat peluang usaha satu ini akan tetap menjadi pilihan daripada banyak orang.

Menjual Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh

Sudah waktunya kita membahas soal penyedia jasa untuk kita tawarkan sebagai peluang dagang di desa. Pertama kita akan membahas soal jasa potong rambut dan perawatan tubuh atau bisa kita singkat dengan Salon.

Iya membuka Salon baik untuk pria ataupun wanita. Memotong rambut atau perawatan tubuh itu bisa dikatakan kebutuhan primer bagi semua orang. Ketimbang semua warga desa harus pergi ke kota untuk mencari salon, kenapa tidak kalian buat aja di lingkungan sekitar desa kalian?

Karnna semua orang dimanapun berada atau tinggal saat ini pasti yakin dan mempercayaa, sebuah model rambut mempunyai pengaruh yang sangat besar utuk mendongkrak daripada penampilan mereka. Hal Ini belum termasuk dari warna cat rambut yang sangat banyak variasi warnanya ya.

Sedangkan untuk perempuan, jauh lebih banyak lagi yang ada hubungannya dengan rambut. Banyak layanan yang bisa kalian berikan dimulai dari creambath hingga masuk ke perawatan daripada kulit wajah dan lain-lain. 

Layanan ini benar – benar dibutuhkan oleh banyak warga di desa dan kenapa ini menjadi peluang usaha rumahan di desa yang sangat bagus untuk menjadi pendapatan kalian.

Menjual Jasa Menjahit

Diatas tadi kita sudah membahas soal Menjual Pakaian dan Segala Perlengkapan fashion. Mungkin ide tersebut bisa kalian tambahkan dengan menjual jasa menjahit ini apabila kalian memiliki resource penjahit ataupun kalian sendiri memiliki keahlian khusus dibidang menjahit.

Pasalnya teruntuk warga desa, memiliki pakaian yang baru dan sesuai dengan badan bukanlah persoalan mudah. Pilihan menjahitkan pakaian lah yang menjadi cara untuk menjawab dua persoalan tersebut: memiliki pakaian yang sesuai badannya dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Menjual Jasa Laundry

Jika kalian katakan bahwa membawa setumpuk pakaian kotor ke jasa laundry itu hanya dilakukan orang kota, kalian salah besar. Saat ini warga desa juga sudah sangat membutuhkan jasa ini. Karena apabila dihitung, memakai jasa laundry dapat membuat jauh lebih irit dibanding mencuci baju kotor itu sendiri di rumah.

Dengan memberikan urusan pakaian kotor tersebut ke laundry maka membuat waktu yang dimiliki ibu-ibu di desa guna mengerjakan hal yang lainnya menjadi lebih banyak. 

Coba deh pikir lagi, mencuci pakaian kotor sendiri selain tagihan listrik menjadi melonjak karena tersedot mesin cuci, juga membuat tagihan air menjadi meningkat. Apa lagi untuk urusan setrika yang notabene membutuhkan waktu berjam-jam tersebut. Itu mengapa sebagian besar orang saat ini memilih laundry sebagai jawaban dari semuanya. 

Pernah mikir gak gimana nikmatnya peluang usaha ini? Kalian memiliki halaman yang luas untuk menjemur dan kalian tidak perlu meninggalkan rumah guna mengerjakannya. Peluang usaha rumahan di desa satu ini akan dengan sangat mudah di scale up apabila kalian menambahkan jasa antar-jemput pakaian kotor.

Menjual Jasa Desain dan Cetak-mencetak

Siapa yang gak tahu sih saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa desain baik dari membuat spanduk, papan nama toko, salon dan banyak jenis usaha lainnya. Mereka sangat butuh jasa tersebut guna digunakan di berbagai even seperti acara pernikahan misalnya dan banyak lainnya.

Menjual jasa pembuatan desain termasuk mencetaknya adalah peluang usaha dagang di desa yang patut kalian geluti dan kembangkan. Usaha ini dapat kalian kembangkan dengan menjual jasa penulisan dokumen misalnya, termasuk printing dan fotokopi. 

Keahlian yang mesti kalian miliki adalah kemampuan untuk mendesain yang sederhana saja. Kemampuan ini dapat dibantu dengan perkembangan di internet saat ini. Misalnya mendesain dibantu dengan canva. Banyak template yang telah disediakan disana tinggal bagaimana kalian mengembangkannya. Mudah bukan?

Syaratnya cuma satu, Kalian harus memiliki komputer ataupun laptop beserta jaringan internet tentunya.

 

Peluang Usaha Dagang Di Desa Dengan Cara Online

Untuk peluang usaha dagang di desa dengan cara online ini memiliki model bisnis yang berbeda dibandingkan dengan cara offline sebelumnnya. Peluang usaha yang dijalankan online ini mengincar konsumen dari luar lingkungan desa itu sendiri misalnya dari kota.

Dengan target konsumen yang berbeda maka produk yang akan ditawarkan untuk dijualpun jelas berbeda. Nantinya perbedaan juga bisa dilihat dari besar volume produk yang di jual.

Uniknya lagi bukan hanya produk yang berbentuk barang saja ayng bisa kalian jual. Akan tetapi kalian masih dapat untuk menawarkan jasa juga dengan cara online ini. Peluang usaha dengan cara online ini benar – benar unlimited. Semua dapat kalian tawarkan dengan kondisi lingkungan desa kalian.

Intinya adalah apapun sumber daya yang desa kalian miliki akan kalian jual secara online tentunya. Utamanya memenuhi segala kebutuhan orang di luar desa kalian dengan apa yang ada di desa kalian.

Berikut niatusaha.com akan memberikan beberapa contoh ide usaha yang mungkin dapat kalian kembangkan di desa kalian nantinya:

Menjual Segala Macam Bahan Kebutuhan Pangan

Banyak sekali di perkotaan produsen – produsen segala jenis makanan. Dari makanan berat, makanan frozen, jajanan kekinian, segala snack ringan dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua produsen tersebut membutuhan banyak baha – bahan yang notabene dapat kalian persiapkan di pedesaan.

Para produsen makanan tersebut pasti akan mencari bahan yang murah untuk di produksi. Degan memesa bahan tersebut kepada kalian mereka pasti akan mendapat harga yang lebih murah karena baha tersebut dari tangan pertama tentunya. Inilah yang menjadi peluang usaha dagang di desa kalian dengan cara online.

Kalian akan memasarkan semua yang dapat kalian berikan via online. Buah – buahan, segala macam daging ataupun lainnya yang dapat kalian budidayakan di desa kalian

Bekerjasamalah dengan warga desa lainnya atau kalian dapat membantu memasarkan segala bahan lainnya yang mungkin tetangga di desa kalian kembangkan. Menarik bukan?

Menjual Produk Kuliner Produksi Desa

Apakah desa kalian memiliki produk kuliner yang khas? Seperti snack ringan atau mungkin semacam minuman kopi? Jadikanlah itu peluang usaha yang harus kalian kembangkan secara online.

Banyak sekali saat ini produk – produk snack atau makanan frozen yang duunya berasal dari kuliner di desa. Kreatiflah dalam mengolah makanan tersebut dalam proses penjualannya.

Bermainlah di branding dan packaging agar dapat menarik di dalam proses marketing. Ajaklah banyak warga di desa kalian lainnya untuk sama – sama mengembangkan makanan khas tersebut.

Lihat, tiru dan modifikasi. Prinsip dasar yang kalian bisa kembangkan untuk segala macam ide produk kalian.

Menjual Segala Bahan Kebutuhan Papan

Pernahkah kalian membangun rumah dan membeli papan kayu sederhana di toko bangunan? Dimanakah kayu – kayu tersebut berasal? Apabila desa kalian memiliki potensi untuk hal tersebut maka kembangkan lah. Saat ini semakin banyak kebutuhan untuk bahan dasar seperti kayu misalnya.

Apabila kalian memiliki lahan yang cukup luas gunakanlah untuk berbudidaya kayu mahone misalnya. Apabila tidak bekerjasamalah dengan warga lain yang memiliki lahan.

Juallah di kota via online dan pasti akan banyak yang akan menghubungi kalian nantinya.

Menjual Souvenir Dan Aksesoris Karya Desa

Apakah desa kaian memiliki souvenir yang khas? Atau apakah desa kalian memiliki tempat produksi souvenir ataupun aksesoris khas desa? Apabila iya ini adalah peluang usaha yang bagus.

Kalian dapat memasarkan karya hasil desa kalian via online. Misalnya seperti barang – barang aksesoris di pasar sukawati bali. Kebanyakan produk – produk aksesoris yang dijual disana adalah hasil karya desa setempat.

Itulah peluang usaha dagang di desa yang mesti kalian garap. Juallah di marketplace ataupun buatah website sederhana untuk memperkenalkan produk karya desa kalian via online maka pembeli akan segera beramai – ramai memesan.

Perlu di perhatikan juga perihal cirri khas, bahan dan harga produk kalian. Jadilah yang unik dan sekreati mungkin. Produk unik dan kreatif adalah kunci utama kalian untuk mejual segala macam produk aksesoris tersebut.

Menjual Keindahan Alam dan Keunikan Desa dengan Pariwisata

Sudah pernah lihat di instagram jika banyak sekali objek wisata yang menjual keindahan alamnya? Dimana kita sama sekali tidak tahu sebelumnya jika tempat itu sudah ada sejak dulu?

Iya benar. Itu adalah satu bentuk peluang usaha dagang di desa yang banyak digarap rekan – rekan kita di pedesaan. Mereka mengetahui potensi keindahan alam desa mereka kemudian mereka kemas dan bangun sedemikian rupa lalu memarketingkannya di media online.

Hasilnya? Banyak sudah contoh jika pariwisata secara langsung dapat meningkatkan hajat hidup orang banyak di desa tersebut. 

Nah sekarang coba kalian lihat, apakah ada keindahan alam dan keunikan di desa kalian yang mungkin orang di tempat lain belum tahu? Apabila ada coba kalian kembangkan paket wisata tersebut seperti yang saat ini dilakukan oleh Erix Soekamti (bassis band endank soekamti) di channel youtubenya.

Beliau coba memberikan experience lain saat akan liburan ke jogja dengan memadukan keindahan alam, keahlian warga setempat beserta tekhnik marketing yang sangat baik sekali menurut kami di team niatusaha.com

Coba lah kunjungi channel youtubenya disini dan kalian bisa melihat bagaimana sepak terjang beliau dalam memuai usaha baru nya tersebut. Sangat menarik.

Kesimpulan

Jadi bagaimana? Peluang usaha dagang di desa menarik bukan?

Membuat usaha di lingkungan desa bukan merupakan hal yang tidak mungkin bukan?

Semua balik lagi ke mindset dan sudut pandang kalian masing – masing dalam melihat peluang usaha. Kaian harus benar – benar sensitive dalam hal ini. Segala yang unik dan menarik dapat dengan mudah kita kembangkan sebagai sumber pendapatan.

Di desa ataupun di kota teryata sama – sama memiliki kesempatan untuk berkembang. Yang membedakannya hanyalah soal resource yang dimiliki masing – masing pihak. Akan tetapi di jaman yang serba maju seperti saat ini sudah tidak ada yang tidak mungkin lagi untuk dilakukan.

Tinggal kalian masih mau bergerak atau tidak untuk mencapainya.

Oke sekian artikel niatusaha.com kali ini semoga dapat semakin membuka mata teman – teman disini agar selalu pantang menyerah untuk mencari peluang usaha yang cocok dan bisa di kembangkan sebagai sumber pendapatan kalian.

Kami team niatusaha.com pamit undur dan sampai bertemu di artikel menarik selanjutnya…

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Dagang di Desa Menguntungkan Dengan Modal Kecil 2021"

Berlangganan via Email