Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal Dengan Tips dan Trik Suksesnya

 
Peluang-Usaha-Menjadi-Distributor-Tunggal
 
Peluang usaha menjadi distributor tunggal menjadi perhatian khusus bagi kami di niatusaha.com team saat ini. Kenapa tidak? Peluang usaha ini termasuk simple dan murah dari sisi modal tapi butuh waktu dan tenaga yang lebih untuk memulainya.

Yang lebih bagus lagi, peluang usaha menjadi distributor tunggal ini dapat dimulai dengan paruh waktu atau penuh waktu. Mau yang berprofesi sebagai pekerja atau yang belum bekerja, bahkan mahasiswa pun bisa memanfaatkan peluang usaha ini.

Lalu pertanyaannya, peluang usaha menjadi distributo tunggal apa yang menguntungkan? Sudah jelas jawabannya adalah peluang jadi distributor produk – produk kebutuhan masyarakat untuk sehari – hari.

Kita semua sama – sama tahu jika saat ini sudah banyak pengusaha yang menjadi distributor dan sudah besar dan sukses dengan bisnis mereka. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat peluang usaha di bidang distributor barang kebutuhan masyarakat sehari – hari ini menjadi tertutup loh. 

Dibutuhkan ide kreatif kita untuk menjadi berbeda dengan mereka dan melihat peluang kecil yang tidak digarap pengusaha besar tersebut.

Akan tetapi, kesuksesan kalian apabila memilih untuk menggeluti peluang usaha menjadi distributor tunggal ini sangat bergantung dari bagaimana management dan cara kerja kalian nantinya. Etos kerja perusahaan kalian yang sangat baik, maka akan membuat peluang sukses kalian pun akan lebih besar. Utamanya dalam bagian management keuangan tentunya.

Di artikel niatusaha.com kali ini akan coba mengulasa tuntas dan lengkap perihal Peluang usaha menjadi distributor tunggal ini dari pengertiannya, kerugian dan keuntungannya, cara menjadi distributor tunggal serta beberapa ide produk untuk menjadi target distributor yang semoga bisa menginspirasi kalian nantinya.

 

Apa Sih Distributor Tunggal?

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia , distributor itu sendiri berarti adalah orang atau badan yang bertugas mendistribusikan barang (dagangan); penyalur.

Bisa dikatakan distributor tugas utamanya adalah menyalurkan barang / produk yang di produksi oleh produsen kepada konsumennya.

Sedangkan apa itu distributor tunggal?

Distributor Tunggal adalah orang atau badan usaha (distributor) yang diberikan hak kesempatan yang ekslusif oleh pihak produsen atau supplier. Hak yang diberikan itu dapat melalui sebuah perjanjian usaha diantara pihak distributor dan produsen atau supplier. 

Isi penting dari perjanjian usaha tersebut akan mengakui bahwa pihak kalian akan diberikan buat jadi satu-satunya distributor pada wilayah tertentu untuk menyalurkan produk dari produsen atau supplier tersebut.

Disini pihak supplier tidak boleh melanggar daripada perjajian usaha yang telah dibuat tersebut dengan menambahkan distributor lain di area wilayah yang sama dengan distributor sebelumnya dengan alasan apapun. Jika tetap memaksa untuk dilakukan maka supplier akan mendapatan sanksi tentunya.

Selain menjai distributor satu – satunya di suatu area, distributor tunggal ini pun mendapatkan harga yang khusus dari supplier atau produsen agar bisa menjual kembali dengan harga pasaran tentunya. 

Sebagai informasi tambahan saja. Usaha distributor tunggal ini keuntungannya sangat menggiurkan. Semakin scale up usahanya maka omset yang di dapatkan akan makin berlipat seiring kenaikan harga jual dari produk itu sendiri.

Jadi Peluang usaha menjadi distributor tunggal ini bisa menjadi usaha jangka panjang buat kalian yang ingin terjun disini. Bagus untuk masa depan loh.

Lalu Bagaimana Cara Menjadi Distributor Tunggal?

Jika kalian serius untuk ingin menjalani Peluang usaha menjadi distributor tunggal ini, perlu kalian ketahui step by step nya agar bisa menjadi distributor tunggal. Ini sebagai pedomankalian guna kelancaran dan kesuksesan kedepannya.

1 Carilah jenis produk yang ingin di distribusikan

Sebelum kalian masuk ke bisnis ini, kalian harus menentukan jenis produk yang akan menjadi target distribusi kalian. Produk ini bisa dalam bentuk jasa ataupun barang ya. 

Kemudian lihat di area mana target distribusi kalian. Apakah sudah ada distribusi tuggalnya atau belum? Jika belum maka itu adalah kesempatan emas untuk kalian garap.

2 Tentukan jenis badan usaha 

Selanjutnya kalian harus menentukan jenis badan usaha yang nantinya akan dijalankan, apakah badan usaha distributor kalian bersifat pribadi atau perorangan.

3 Mencari supplier atau produsen yang sesuai

Ok saatnya untuk mencari supplier atau produsen yang dapat memberikan produk yang kalian targetkan. Kalian dapat mencarinya via online, di market place pun juga bisa. Sesuaikanlah dengan target kalian masing – masing.

Contohnya seperti ini, jika kalian mentargetkan untuk mendistribusikan produk makanan, maka kalian harus dapat mencari informasi perusahaan apa yang bisa memberikan penawaran kerja sama usaha dengan pihak distributor tunggal. 

Setelah itu apakah perusahaan itu telah mempunyai distributor tunggal di wilayah area target kalian atau belum. Karna jika sudah maka kalian tidak bisa menjadi distributor tunggalnya atau kalian harus mengganti target area pemasaran kalian tentunya.

Salah satu tips di saat kalian mencari perusahaan yang akan menjadi supplier adalah, lihat seperti apa rekam jejak dari perusahaan tersebut. 

Kemudian apa saja sih kelebihan dan kekurangan produk yang dihasilkan perusahaan tersebut juga harus kalian pelajari lebih jauh. Itu berguna sekali untuk kalian dalam proses memasarkan produk tersebut nanti dimana akan menambah kualitas perusahaan kalian di mata retailer atau konsumen kalian karna produk yang kalian distribusikan berkualitas sangat baik tentunya.

Contoh supplier yang berkuaitas produknya misalnya produk dari perusahaan unilever. Produk konsumsi harian banyak masyarakat dan kulitasnya pun terjamin.

Keuntungan Menjadi Distributor Tunggal

Oke selanjutnya akan kita bahas lebih detail lagi keuntungan dalam menjadi distribusi tunggal. Sebelumnya sudah niatusaha.com bahas sementara ada 2 keuntungannya.

Menjadi satu – satunya distributor di suatu area target market kalian dan mendapat special price tentunya untuk mendapat profit margin.

Apakah Cuma itu?

Syukurnya enggak loh. Masih ada beberapa keuntungan lagi yang bisa kita dapat dalam menjadi distributor tunggal.

Berikut adalah beberapa keuntungan lainnya dalam Peluang usaha menjadi distributor tunggal :

1 Rendahnya pesaingan dalam bisnis kalian

Tidak ada pesaing di bisnis ini! Yups… namanya aja distributor tunggal. Hanya kalian saja yang dapat memasarkan suatu produk yang telah masuk di dalam perjanjian usaha sebelumnya. Yang lainnya mungkin hanya sebatas retailer yang mendapat barang dari kalian tentunya.

Akan tetapi tanpa saingan disini maksudnya adalah dalam zona produk dari produsen itu saja ya. Apabila produk tersebut memiliki pesaing dengan merek lain, tentunya akan menjadi singan kalian secara tidak langsung apabila bukan kalian distributor tunggalnya.

Contoh misalnya kalian distributor sambal botolan. Utuk sambal botolan tentunya memiliki banyak merek. Jadi saingannya tersebut sambal botolan merek lain. Sudah cukup jelas ya.

2 Tidak Pusing Memikirkan Biaya Produksi

Kalian sebagai distributor tunggal hanya berperan sebagai distributor atau penyalur produk maupun jasa yang di hasilkan oleh produsen atau supplier. Jadi tidak ada tuh yang namanya stress karena biaya produksi. Yang mesti kalian perhatikan adalah biaya operasional dan lainnya saja untuk lancarnya proses distribusi.

Segala biaya dari proses produksi sudah jadi tanggung jawab dari pihak supplier. Apabila mengalami kerugian  di saat proses produksi, maka bukan menjadi tanggung jawab kalian dan tentunya tidak akan menganggu proses bisnis distribusi kalian sendiri. 

Namun apabila proses produksi tersebut berjalan lancar, dan kalian dapat melakukan distribusi secara lancar dan maksimal, maka kalian dapat keuntungan besar tentunya.

3 Tidak Pusing Memikirkan Kualitas Produk

Bukan hanya biaya produksi, kualitas produk pun tidak harus kalian pusingkan lagi. Kualitas ini juga termasuk masa kadaluarsa dari produk itu sendiri, karna semua problem itu sudah menjadi tanggung jawab supplier sendiri sebagai produsen dari produk itu sendiri.

Ada pula perusahaan - perusahaan yang menawarkan proses return back untuk produk-produk kadaluarsanya. Strategi perushaan tersebut membuat distributor lebih fokus untuk proses distribusi dibanding  harus menderita karena kerugian. Akan tetapi proses return back ini hanya bisa didapatkan apabila semua prosedur sesuai dengan yang sudah ditentukan supplier sebelumnya ya.

4 Tidak Terlalu Fokus Memikirkan Marketing

Kenapa tidak terlalu fokus? Karna untuk dari sisi produk, sistem marketingnya dilakukan oleh pihak supplier itu sendiri. Kalian sebagai distributor tunggal fokus dengan proses distribusi barang yang benar dan  sesuai.

Marketing ini jadi tanggung jawab supplier untuk mengaturnya. Kalian sebagai distributor hanya menjalankan distribusi produk kepada semua retailer atau konsumen dengan baik saja. Peluang menjadi distributor tunggal ini pada kenyataannya banyak mencetak orang-orang yang sukses dibidang bisnis itu sendiri.

Kenapa? Karena secara tidak langsung distributor ini paling dekat dengan market itu sendiri dan mereka bisa mendapatkan banyak ilham dan insight dari market itu sendiri guna kalian menditribusikan barang atau produk lain nantinya.

5 Bisa Dimulai Dengan Modal Yang Kecil

Kita bicara dari sisi modal ya sekarang. Peru diketahui bahwa sebagian para supplier biasanya itu mencari distributor tunggal di suatu area yang bisa menggunakan sistem titip barang.

Sudah tentu kalian bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai Peluang usaha menjadi distributor tunggal dari modal yang bisa dikatakan ringan ya. 

Kalian hanya membutuhkan tempat yang strategis untuk melaksanakan distribusi produk kepada konsumen atau retailer nantinya. 

Sudah tentu ini sangat menguntungkan apabila usaha distributor kalian prosesnya bergerak lancar dan laris manis di market target kalian. Melihat dari sisi resiko kerugian pun bisa dibilang kecil dan dibarengi pula dengan peluang dari keuntungan yang besar. 

Tips Strategi Marketing Peluang usaha Menjadi distributor tunggal

Salah satu keuntungan menjadi ditribusi tunggal tadi adalah tidak fokus dengan marketing. Marketing yang dimaksud adalah dari sisi produk ya.

Niatusaha.com akan memberikan beberapa tips perihal strategi marketing usaha distribusi kalian agar bisa berjalan sukses untuk jangka panjang. 

Berikut beberapa tips strategi marketing yang dapat membantu percepatan perputaran uang kalian di usaha distributor tunggal ini :

1 Pengulangan Order Gunakan Strategi Harga Yang Bersaing

Pengulangan-Order 
Cara manjur untuk retailer atau konsumen dapat melakukan pengulangan order adalah dengan mensetting harga dari produk kalian dengan tepat. Banyak sekali orang yang telah membeli produk distribusi kalian yang harganya jauh lebih terjangkau.

Hal ini bisa kita ketahui hal itu terjadi jika supplier dan distributor mengusahakan tidak seenaknya menaikkan dan membuat harga yang ketinggian.

Kalian harus ingat jika harga special yang telah produsen berikan sebelumnya, akan mengalami kenaikan yang bertahap seiring dengan proses distribusi produk hingga pada konsumen yang terakhir. Sehingga aturlah harga tersebut agar nantinya harga akhir tidak menjadi tinggi.

2 Siapkanlah Rantai Distribusi

Rantai-Distribusi

Selanjutnya siapkanlah rantai distribusi kalian. Sadarlah peran kalian benar – benar vital dalam proses distribusi ini.

Membangun rantai distribusi dapat membantu proses penjualan yang cepat, teratur dan bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Produk yang kalian distribusikan dapat berputar secara cepat dan teratur.

Perlu kalian ketahui, permasalahan yang dialami pelaku bisnis pada umumya ada lah kecepatan dari perputaran produk itu sendiri serta persaingan harga antar retailer. 

Untuk itulah kalian atur rantai distribusi kalian berdasarkan wilayah pemasaran masing – masing rantai dan pengaturan harga tentunya. Gunakan metode kerjasama dengan rantai distribusi kalian utuk semua pengaturan – pengaturan yang ingin kalian lakukan.

3 Gunakan Strategi Dagang Yang Baik Dan Efektif

Strategi-Dagang-Yang-Baik-Dan-Efektif

Menjadi seorang distributor memang dapat menjadi step awal untuk membangun bisnis kalian dari nol. Akan tetapi menjadi seorang distributor juga diharuskan untuk memiliki strategi dagang yang baik dan efektif guna mendapatkan konsumen yang lebih banyak lagi di masa datang.

Gunakanlah strategi dagang kalian di dalam membangun rantai distribusi diatas. Gunakan beberapa promo yang dapat menigkatkan penjualan serta hubungan yang harmonis diantara rantai distribusi  mu sendiri.

Seperti contoh, buatlah skema bonus untuk tiap rantai distribusi mu apabila memeunuhi angka pembelian tertentu. Sesuaikan denga  angka profit kalian juga agar tidak merugi ya. 

Hal itu akan memicu sebuah hubungan yang bagus karena rantai distribusi mu akan berusaha menjual lebih untuk membeli lebih lagi kepada kalian tentunya.

Dengan menjaga hubungan ini akan berguna untuk kalian di masa depan apabila kalian memiliki produk ain untuk dijual kembali nantinya.

5 Ide Peluang usaha menjadi distributor tunggal

Apa sih yang mesti kita distribusikan? Apa sih yang mungkin berpeluang di area kalian?

Mungkin ini pertanyaan yang terngiang dikepala kalian kan. Ok berikut niatusaha.com akan memberikan 5 contoh ide yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan dan analisis kalian untuk menentukan  produk Peluang usaha menjadi distributor tunggal ini.

Sesuaikan dengan kondisi kalian masing – masing ya. Kami yakin ada beberapa yang bisa sesuai dengan kondisi kalian disini. Mari disimak :

1 Distributor Tunggal Makanan Ringan

Distributor-Tunggal-Makanan-Ringan

Saat ini sudah banya sekali lahir berbagai macam makanan ringan dengan segala variasinya. Bahkan makanan ringan sudah hamper termasuk kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh kebanyakan orang saat ini. 

Tidak dapat dipungkiri untuk proses distribusi sebuah produk makanan ringan yang baru menuju daerah terpencil Indonesia tidak akan secepat dari perusahaan – perusahaan besar yang sudah memiliki rantai distribusi sejak lama. Ini lah akan mejadi peluang kalian.

Carilah perusahaan makanan ringan yang baru saja mengeluarkan produk makanan ringan baru yang belum terdistribusi lebih jauh dan hubungi lah mereka. Tawarkan kerja sama distribusi tunggal ini.

Perusahaan disini tidak selalu perusahaan besar ya. Cobalah cek di marketplace dan cari makanan ringan. Banyak disana produsen – produsen UMKM yang memasarkan produknya dari berbagai daerah. Hubungi mereka dan ajukan kerjasama tersebut.

Tidak butuh gudang ataupun ruangan besar. Mulailah dari rumah kalian. Mulailah dari volue kecil dan mulai lakukan strategi marketing yang sudah kami paparkan diatas. Seiring berjalan waktu dan omset, lakukan scale up dengan volume penjualan kalian.

2 Distributor Tunggal Barang Fashion

Distributor-Tunggal-Barang-Fashion

Peluang jadi distributor tuggal selanjutnya adalah menditribusikan produk fashion. Jika berbiacara fashion kita harus melihat yang namanya trend fashion saat ini. Sama seperti makanan ringan sebelumnya, carilah produsen fashion yang sesuai trend saat ini dan ajukan kerjasama.

Apakah butuh stock barang? Sebenarnya bisa saja tidak. Kalian bisa memanfaatkan catalog mereka lalu coba jual langsung ke konsumen atau toko fashion di area kalian dengan memberikan special price yang sudah diberikan produsen sebelumnya.

Jangan berfokus pada profit per produk, tapi fokus lah pada volume dan kecepatan perputaran uangnya. 

3 Distributor Tunggal Obat Herbal

Distributor-Tunggal-Obat-HerbalApakah kalian sadar bahwa obat herbal adalah salah satu produk yang banyak sekali dibutuhkan oleh banyak orang saat ini? Oleh karena itu, mendistribusikan obat herbal ini bisa menjadi peluang usaha kalian. 

Untuk langkah awalnya adalah denga mencari produsen obat alami yang terpercaya. Inilah bagian yang paling menantag. Bagaimana caranya mencari prdusen obat herbal yang sesuai aturan yang berlaku dan aman untuk dikonsumsi.

Apabila kalian sudah menemukannya ajukanlah proses kerjasama nya seperti ide lainnya.

4 Distributor Tunggal Produk Kosmetik

Distributor-Tunggal-Produk-Kosmetik

Produk kosmetik sudah tidak dipungkiri menjadi produk yang sangat laris saat ini. Berbagai macam variant dan jenis kosmetik banyak djual saat ini.

Tantangannya sama dengan obat herbal sebelumnya. Mencari supplier yang produknya terpercaya agar kalian tidak menghadapi masalah kedepannya. Produk terpercaya disini adala produk kosmetik yang tidak akan menyebabkan hal – hal negative bagi pemakainya.

Sangat penting sekali proses ini di awal. Lakukanlah banyak riset perihal target produknya dan cari informasi sebanyak – banyaknya sebelum kalian menentukan prodk kosmetik tersebut.

Apabila kalian sudah menemukannya, berikan kerjasama usaha distributor tunggal.

5 Distributor Tunggal Produk Sembako

Distributor-Tunggal-Produk-SembakoYes… Sembako. Sudah dipastikan ini adalah produk primer bagi semua orang. Produk yang empuk untuk dijadikan peluang usaha tentunya.

Akan tetapi kesuksesan di peluang ini adalah bagaimana kalian mencari ide produk dan produsen yang menjadi supplier kalian.

Produk yang tidak ada distributor tunggalnya dengan supplier yang memiliki resource besar agar produk dapat lancar dalam proses distribusi dan perputaran dananya.

Disini dituntut kreatifitas kalian dalam menentukan jenis produk. Melihat peluang di area kalian dengan cermat dan perbanyak data perihal distributor lain di area kalian.

Ok, sekian yang dapat kami sharing ke kalian perihal Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal. Semoga bisa bermanfaat dan bisa di aplikasikan langsung di lapangan…

Semoga sukses buat kita semua…

See you on top!

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal Dengan Tips dan Trik Suksesnya"

Berlangganan via Email