Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Di Sekolah Dasar Dan Faktor Keberhasilannya

Peluang-usaha-di-sekolah-dasar


Peluang usaha di sekolah dasar adalah salah satu peluang usaha dengan hasil yang sangat menguntungkan. Selain peluang keuntungan yang bisa dikatakan sangat besar, peluang usaha di sekolah dasar ini juga bisa dikatakan mudah dan bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Banyak sekali inspirasi usaha dekat sekolah yang bisa di lakukan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Sebagai pemula kita pasti memperhatikan segala masalah yang ada di lingkungan yang akan menjadi target jualan kita. 

Apa sih barang jualan untuk anak sd yang bisa memberikan kita keuntungan yang besar tapi dengan modal kecil?

Sudah pasti adalah makanan. Iya makanan. Kita semua pernah SD kan? Bisa kita lihat bagaimana anak – anak SD berebut untuk membeli makanan cemilan atau apapun yang dijual saat jam istirahat. Nah itulah peluang usaha di sekolah dasar yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin.

Tapi sebelum itu, tahukah kalian ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dahulu sebeum memulai usaha di sekolah dasar tersebut agar peluang usaha bisa menjaadi hasil yang terbaik?

Nah di artikel ini niatusaha.com akan coba menjelaskan faktor – faktor untuk mencapai keberhasilan untuk menjalankan peluang usaha di lingkungan sekolah dasar dengan keuntungan yang besar. Mari disimak dengan baik ya.

Faktor penting keberhasilan memulai peluang usaha di sekolah dasar

Seperti yang sudah kita bahas diatas, bahwa barang jualan untuk anak sd yang bisa memberikan kita keuntungan yang besar tapi dengan modal kecil adalah makanan.

Akan tetapi tidak semua jenis makanan bisa kita dijual di sekolah dasar seenaknya. Walaupun peluang usaha nya menghasilkan, kita juga harus bertanggung jawab dengan kesehatan dari anak – anak tersebut setelah mengkonsumsi makanan jualan kita.

Dalam memilih jenis makanan tersebut kita harus jelas dari sisi bisnis dan keamanannya. Tidak haya mengejar keuntungan belaka saja.

Untuk itu ada beberapa point yang harus kita perhatikan saat akan memulai peluang usaha di sekolah dasar :

Pilihlah makanan yang bisa dijual dengan Harga Murah

Sasaran pangsa pasar kita adalah anak sekolah dasar. Sudah bisa kita pastikan harga makanan yang kita tawarkan pada mereka haruslah cocok dengan isi kantong mereka, kisaran harga 500 – 2000 rupiah merupakan harga yang sangat cocok buat pangsa pasar anak sekolah dasar ini.

Disinilah kita dituntut untuk berkreasi tentang bagaimana kita membuat produk makanan kita dengan harga jual yang murah akan tetapi masih bisa menghasilkan. Ingat, janganlah terfokus akan profit dari satu penjualan jenis makanan.

Tapi coba pola piker kita dirubah menjadi: dengan profit sekecil ini berapa pcs yang harus kita jual agar untung besar? Mainlah di volume penjualan.

Fokus akan Rasa makanan Kesukaan Anak Sekolah Dasar pada umumnya

Tidak cuma soal harga yang cocok dikantong saja, akan tetapi aspek cita rasa juga sangat dapat mempengaruhi bagaimana nantinya makanan kita terjual ke anak – anak sekolah dasar tersebut.

Beberapa cita rasa makanan yang pasti disukai anak – anak sekolah dasar antara lain:

  • Manis: misalnya seperti Permen aneka rasa
  • Gurih: seperti Telur gulung serta kue pancong
  • Bersaus: contohnya Cilok dan batagor 
  • Pedas: Sosis bakar

Satu jenis makanan yang sedang ngetrend di kalangan anak sekolah dasar. Jenis makanan dengan wujud mini atau kecil semacam kentang goreng tornado mini, pizza mini, kebab mini simpel, serta masih banyak lagi lainnya.

Bagaimana mempresentasikan makan yang kita jual untuk Menarik atensi

Anak- kanak sekolah dasar membeli makanan tersebut bukan hanya dari aspek harga dan rasa yang memang mereka cari atau inginkan saja, akan tetapi mereka juga melihat wujud dari makanan tersebut.

Apakah menari atensi mereka? Apakah mereka tidak jadi mendekat ke warung atau gerobak kita hanya gara – gara tampilan yang tidak menarik? Ini faktor yang penting juga yang mesti kita perhatikan.

Disinilah aspek kreatifitas wajib berfungsi lebih jauh lagi, misalnya saja kamu ingin menjual jelly dengan bentuk- bentuk unik ataupun kue cubit dengan wujud wujud tokoh kartun idola mereka. Sudah pasti akan menarik atensi lebih tentunya.

Selalu memperhatikan trend makanan sekitar yang terkini

Sebuah fata unik yang niatusaha.com lihat belakangan ini adalah anak – anak sekolah dasar sangat mengkuti trend yang berjalan saat ini baik social media ataupun di lingkungannya.

Unik dan aneh akan tetapi bisa menjadi sebuah peluang usaha lain bagi kita.

Untuk itu bagi kalian yang ingin menggeluti peluang usaha di sekolah dasar wajib untuk senantiasa melakukan pembaharuan dengan makanan yang kamu jual sesuai trend dikala itu.

Misalnya saja makanan yang sedang trend adalah es kepal, kamu pun harus melakukan pembaharuan atau menambahkan pilihan makanan yang kamu jual untuk es kepal tersebut dengan harga yang murah pastinya.

Proses pembuatan makanan yang cepat dan unik

Satu lagi rahasia supaya anak – anak SD senantiasa mengerubuti dagangan kita serta rela antri yang panjang untuk membeli adalah dengan menggunakan metode SHOW OFF. Hehehe…

Namanya anak –anak seperti yang sudah kita semua tahu bahwa mereka mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar. Mereka akan sangat bersemangat dikala memandang sesuatu hal yang baru dan unik bagi mereka. 

Untuk itulah kita mesti memperlihatkan cara membuat makanan yang kita jual didepan mereka sehingga dapat dipastikan semua atensi anak- anak sekolah tersebut akan tertuju pada makanan yang kita jual.

Pastikan pula proses pemuatan makanan yang kamu jual itu cepat ya. Jangan sampai kamu membuat makanannya malah membutuhkan waktu yang lama. Jam istirahat yang mereka miliki tidak banyak, jadi waktu menjadi sangat penting untuk menambah volume penjualan kita.

Berjualanlah dengan Bersih Serta Rapi

Aspek yang sangat wajib kamu perhatikan, yakni kebersihan dari tempat kamu berjualan. Hal tersebut dapat menjadi pengaruh energi jual dagangan kamu. 

Apabila tempat berjualan mu kotor dan sudah dipastikan saja pihak orang tua anak – anak tersebut maupun guru nya sendiri akan melarang untuk berbelanja jajanan di tempat mu. Jadi kita sangat butuh mencermati aspek kebersihan tempat dagang dan makanan yang dijual.

Selalu Ramah dan sabar Dalam Berjualan Makanan

Attitude…

Tidak hanya orang berusia saja yang membutuhkan keramahan kala bertransaksi. Anak – anak sekolah dasar pun sangat suka dengan pedagang yang ramah, humoris dan sabar saat melayani kecerewat mereka.

Bagaimana Peluang Usaha Di Sekolah Dasar tersebut? semoga bermanfaat dan berguna supaya kaian bisa mengembangkannya ya

Sampai bertemu di artikel selanjutnya

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Di Sekolah Dasar Dan Faktor Keberhasilannya"

Berlangganan via Email