Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dari Kewirausahaan Yang Positif Bagi Kemajuan Ekonomi

Manfaat dari kewirausahaan yang berdampak positif bagi khalayak ramai mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Kebanyakan berpikir jika kewirausahaan adalah kegiatan usaha yang menguntungkan pemiliknya saja. Padahal Manfaat dari kewirausahaan itu banyak loh buat lingkungan sekitar.

Apakah kalian tahu jika sebuah negara bisa dikatakan sebagai sebuah negara yang hebat ekonominya apabila negara tersebut memiliki jumlah pengusaha atau enterpreneur nya, setidaknya 2% daripada total jumlah penduduk di negara tersebut.

Manfaat Dari Kewirausahaan

 


Bapak Pengusaha Sandiaga Uno pernah mengatakan bahwa 99% ekonomi Indonesia bergerak cepat dengan seiring perkembangan jumlah entrepreneurship dari usaha kecil, mikro dan usaha ultra mikro saat ini.

Jumlah wirausaha di Indonesia sendiri sudah mencapai angka 2% tersebut akan tetapi jumlah tersebut masih jauh tertinggal dari negara - negara tetangga kita di ASEAN. Singapura sendiri sudah mencapai angka wirausaha sebesar 7%, negara tetangga kita Malaysia di angka 6%, dan Thailand memiliki jumlah wirausahawan sebesar 5%. Indonesia lebih tepatnya saat ini berada di angka dibawah 3%.

Rendahnya angka jumlah pengusaha di indonesia tersebut terlihat dari nilai transaksi penjualan online yaitu e-commerce di Indonesia yang mencapai USD 21 miliar, akan tetapi didominasi oleh transaksi impor yang berasal dari negara china.

Ini adalah angka yang menyedihkan mengingat betapa besar potensi yang kita miliki di negara tercinta kita ini. Dimana kita memiliki banyak SDA dan SDM yang berkualitas. Dibutuhkan kesadaran kita para anak muda penerus bangsa untuk meningkatkan angka perekonomian indonesia melalui jalur wirausaha.

Siapa saja termasuk kalian yang membaca artikel ini, harus mengetahui dengan jelas perihal berbagai manfaat dari kewirausahaan yang bisa dihasilkan guna ikut membantu perekonomian masyarakat setempat, bahkan negara itu sendiri.

Manfaat Dari Kewirausahaan


Mari kita melihat lebih dalam lagi perihal apa saja sih manfaat dari kewirausahaan yang berdampak positif bagi kemajuan ekonomi indonesia :

1 Kewirausahaan Meningkatkan Kesejahteraan Bersama


Tidak peduli seberapa besar usaha kalian para pengusaha, ataupun kalian baru memulai usaha sekalipun. Percayalah jika usaha kalian tersebut bisa membantu perekonomian masyarakat di sekitar kalian.

Seiring dengan berjalannya usaha tersebut,secara langsung ataupun tidak dapat membantu masyarakat disekitar kalian yang tidak bekerja atau mungkin susah untuk mendapat lapangan kerja akibat dari keterbatasan ekonomi, pendidikan dan banyak alasan lainnya.

Seperti contoh, usaha kalian pasti membutuhkan pegawai, tentu kalian akan mencari pegawai di dekat lokasi usaha kalian. Atau mungkin usaha tersebut membutuhkan bahan untuk produksi, pengusaha dapat meminta warga sekitar untuk membantunya mencari sumber bahan yang dibutuhkan usaha tersebut.

Itulah secara tidak langsung banyak ekonomi yang bergerak di sekitar usaha kalian tanpa disadari.

2 Kewirausahaan Membuka Lapangan Kerja Baru


Kita semua mengetahui di masa pandemi ini angka pengangguran di indonesia meningkat dengan sangat drastis. Banyak perusahaan - perusahaan besar yang terpaksa merumahkan banyak pegawainya karena menurunnya pendapatan mereka.

Selain itu angka pengangguran kita meningkat selain karena dilanda pandemi juga karena kurangnya peluang kerja juga berpengaruh atas angka pengangguran tersebut.

Jika angka pengusaha bertambah itu berarti jumlah peluang kerja otomatis juga akan bertambah. Selain peluang kerja, peluang usaha pun pasti ikut bertambah seiring berkembangnya usaha - usaha yang sudah atau akan lahir tersebut.

Disinilah manfaat dari kewirausahaan tersebut bagi sektor ketenagakerjaan yang dibutuhkan.

3 Kewirausahaan Melatih Insting Individu Untuk Memanfaatkan Peluang


Manfaat dari kewirausahaan selanjutnya ini terfokus pada individu - individu yang bekerja untuk para pengusaha atau wirausaha tersebut. Adakah perbedaan mendasar dari bekerja pada pengusaha dengan bekerja pada suatu instansi? Tidak kebanyakan akan tetapi sebagian besar memiliki perbedaan yang sangat positif bagi para pegawainya.

Jika seseorang bekerja di sebuah instansi, toko ataupun yang lainnya pasti diberikan materi pekerjaan yang bersangkutan dengan tugas masing-masing karyawan itu sendiri.

Berbeda dengan saat kalian bekerja untuk seorang pengusaha langsung. Banyak hal yang dapat kalian pelajari langsung dari mereka. Karena para pengusaha lebih senang bersentuhan langsung dengan para pegawainya guna menjaga lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi semua karyawan.

Pengusaha - pengusaha tersebut akan semangat untuk selalu memberikan motivasi kepada karyawannya, terus mendorong, bahkan memberikan banyak ilmu dan materi seputar membangun usahanya.

Itulah mengapa kebanyakan orang yang bekerja pada seorang pengusaha terdorong untuk lebih terbuka pikirannya tau open minded. Dari seorang pengusaha itulah kalian para karyawannya bisa mencontoh bagaimana pola pikir dna analisis bos kalian saat menjalankan usahanya tersebut. Harapannya kalian dapat membuka usaha kalian sendiri dengan pemikiran - pemikiran seorang wirausaha.


4 Kewirausahaan Mengajarkan Untuk Menjadi Seseorang Yang Lebih Baik Lagi

Individu yang banyak belajar dari proses berlangsungnya sebuah usaha pasti memiliki proses hidup yang jauh lebih baik. Bukan hanya dari sisi keuangan saja, akan tetapi dari sisi pola pikirnya yang akan membuat mereka jauh lebih terbuka dalam berpikir.

Di lingkungannya nanti secara tidak sadar mereka akan juga berkontribusi sendiri dengan caranya. Semua manfaat dari kewirausahaan yang positif, mereka dapat di tempat kerja akan terbawa hingga ke rumahnya nanti. Bahkan, apabila nanti mereka sudah memiliki sejumlah modal dan juga yakin akan skillnya, mereka tersebutlah yang memiliki kemungkinan besar untuk memulai merintis usahanya sendiri.

Inilah contoh yang bisa kita lihat yaitu di mana 1 kebaikan yang dilakukan perlahan - lahan berlanjut kepada orang yang lain kemudian menjadi beribu-ribu kebaikan atas segala pelajaran yang berhasil di dapat dari kewirausahaan tersebut.

5 Kewirausahaan Memberi Kebebasan Mengendalikan Nasib


Manfaat dari kewirausahaan selanjutnya ini adalah bagaimana usaha atau bisnis yang dibangun seorang wirausahawan memberikan kebebasan tersendiri bagi mereka untuk mencapai tujuan hidupnya masing - masing. Para wirausahawan ini harus mengambil tindakan agar plan awal mereka tidak tertunda.

Disinilah keputusan yang akan mempengaruhi bagaimana nasib usaha mereka tersebut. Apakah pengusaha tersebut akan diam saja berserah tanpa melakukan apa - apa? Atau mereka malah mengorbankan pikirannya untuk memutar otak mencari solusi?

6 Kewirausahaan Memberi Peluang Untuk Perubahan


Usaha ataupun sebuah bisnis pasti dimulai dari para wirausahawan melihat sebuah peluang. Peluang dimana mereka harus merubah apa yang menurut mereka penting tapi bermanfaat. Seperti contoh saja misalnya program daur ulang limbah untuk melestarikan alam disekitarnya.

Disini para wirausahawan harus menemukan caranya sendiri untuk bagaimana mewujudkan perubahan tersebut serta mengkombinasikannya dengan sebuah usaha tentunya. Disini jelas bagaimana sebuah wujud kepedulian terhadap berbagai macam masalah sosial dan masalah ekonomi dirubah melalui sebuah bentuk usaha kewirausahaan.

7 Kewirausahaan Memberi Peluang Keuntungan Yang Optimal


Kebanyakan daripada wirausahawan berkeinginan untuk hidup berkecukupan dari orang biasanya. Mereka tidak pernah sedari awal bermimpi untuk menjadi kaya raya. Akan tetapi kewirausahaan nyatanya dapat menjadi kendaraan bagi seseorang untuk menjadi kaya raya berlimpah harta.

Keuntungan dari hasil berwirausaha merupakan motivasi tersendiri bagi para pebisnis. Kita tidak dapat memungkiri hal tersebut tentunya. Disinilah kewirausahaan membuka jalan untuk mencapai keuntungan di angka yang optimal bagi mereka yang ingin mengejar nya.

Terdapat penelitian yang dilakukan oleh Thomas Stanley dan William Danko. Dari hasil penelitian tersebut mereka mengatakan bahwa orang - orang yang mempunyai usaha sendiri tersebut memiliki peluang besar hingga 4 kali lebih besar untuk menjadi seorang jutawan dibandingkan dengan orang - orang yang bekerja bagi orang lain atau orang - orang yg menjadi karyawan.

8 Kewirausahaan Meningkatkan Pembangunan Sosial Sekitar


Sudah banyak contoh di sekitar kita bahwa banyak pengusaha yang selalu tergerak hatinya untuk pembangunan sosial di sekitarnya. Seiring dengan optimasi pendapatan yang di dapat dari usahanya mereka banyak bergerak membantu masyarakat.

Contohnya saja seperti sebuah pembangunan sarana dan prasarana ibadah misalnya. Pasti di sekitar kita terdapat pengusaha yang ikhlas membantu proses pembangunan tersebut dengan segala kemampuan para pengusaha tersebut.

Dengan segala kerendahan hati para pengusaha tersebut, pergerakan pertumbuhan lingkungan sekitar area usahanya pasti bergerak cepat. Ini lah salah satu manfaat dari kewirausahaan yang positif bagi lingkungan sekitar.

9 Ilmu Gaya Hidup Hemat Dari Kewirausahaan


Seperti yang kita sudah tahu, Gaya hidup hemat adalah kehidupan yang tidak membuang buang uang tanpa guna atau boros. Para pengusaha sangat kental dengan gaya hidup hemat. Mengapa tidak, mereka harus pintar dalam mengatur keuangan agar usahanya tidak boncos kan.

Semuanya di manage dengan manajemen yang baik. Ada beberapa masalah managemen yang sangat dekat dengan kegiatan usaha sehari - hari para pengusaha seperti berikut ini:

  • Manajamen waktu
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Manajemen operasi
  • Manajemen promosi
  • dan lain sebagainya


Dengan kebiasaan manajemen yang baik utamanya gaya hidup hemat, maka para wirausahawan sangat cocok dan mumpuni untuk dijadikan panutan yang baik dalam hidup masyarakat sekitar.

Kesimpulan


Manfaat dari kewirausahaan sejatinya sangat banyak bagi lingkungan sosial. Akan tetapi semuanya balik kembali kepada masing - masing individu apakah mereka mau dan bisa mengambil serta menjalankannya pada kehidupannya masing - masing.

Selain itu kewirausahaan juga bisa membantu peningkatan ekonomi negara kita secara tidak langsung. Dengan berkembangnya ekonomi negara maka ekonomi rakyat pun pasti akan terdongkrak bersama.

Apabila diantara kalian yang ingin memulai usaha pertamanya jangan pernah ragu. Kejar mimpi dan target kalian dengan optimis.

Salam sukses and See you on top!

1 komentar untuk "Manfaat Dari Kewirausahaan Yang Positif Bagi Kemajuan Ekonomi"

  1. Majunya ekonomi memang bisa tergantung ke berapa banyak jumlah wirausaha sih.

    BalasHapus