5 Cara Memperoleh Modal Usaha Dalam Kewirausahaan - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memperoleh Modal Usaha Dalam Kewirausahaan

Cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan selalu menjadi pertanyaan besar bagi para enterpreneur muda indonesia.

Modal yang kita bahas disini adalah modal dana ya. Modal yang dipakai untuk merealisasikan semua ide dan peluang usaha yang dimiliki enterpreneur muda. Apakah kalian merasakan hal yang sama?

Cara Memperoleh Modal Usaha Dalam Kewirausahaan


Para enterpreneur muda disini pasti memiliki mimpi besar untuk memiliki sebuah usaha sendiri. ditambah lagi di jaman modern seperti ini sudah banyak enterpreneur muda yang sadar untuk berwirausaha dengan tujuan untuk memenuhi semua kebutuhan hidup yang semakin besar.

Akan tetapi niat membangun sebuah ide usaha atau peluang usaha tersebut tidaklah mudah perjalanannya.

Dibutuhkan kesiapan yang cukup dari sisi eksternal enterpreneur muda dan juga sisi internalnya. Untuk dari sisi internal nya cara membangun usaha kalian dapat membaca artikel kami sebelumnya disini.

Untuk salah satu sisi eksternal yang dibutuhkan enterpreneur muda untuk membangun usahanya adalah Modal keuangan.

Apapun ide usaha kalian, atau seberapa besarpun peluang usaha yang ingin enterpreneur muda jalankan tidak akan bisa apabila kalian tidak memiliki cukup modal untuk mencapainya.

Untuk kalian yang merasa tidak memiliki modal jangan putus asa. Diluar sana banyak sekali jalan untuk mendapatkan modal usaha.

Pada artikel kami kali ini kami akan membahas cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan yang masih mungkin untuk kalian lakukan.

Enterpreneur muda semua, mari disimak penjelasan kami berikut ini:



1 Modal Usaha Dari Dana Pribadi


Cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan yang pertama adalah menggunakan dana pribadi dari tabungan kalian sendiri. Ini merupakan cara yang paling bijak dan memiliki resiko terkecil diantara cara yang lainnya.

Dana pribadi sebagai sumber modal ini bisa berasal dari dana tabungan para enterpreneur muda disini ataupun dari aset - aset yang sudah dimiliki sebelumnya. Pastikan disini adalah aset yang tidak aktif ya, aset yang tidak kalian pakai sehari - hari seperti rumah yang kalian tempati.

Resiko yang kalian hadapi hanyalah kehilangan sejumlah uang dalam modal tersebut apabila ide usaha yang kalian lakukan gagal atau tidak berhasil.

2 Modal Usaha Dari Pinjaman Bank Atau Koperasi


Cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan selanjutnya adalah dari pinjaman yang enterpreneur muda ajukan ke Bank ataupun koperasi.

Untuk mendapatkan pinjaman ini kalian harus mempersiapkan profil dari usaha kalian serta minimal usaha kalian sudah berjalan minimal 6 bulan namanya.

Untuk cara ini kami sarankan para enterpreneur muda harus menghitung matang - matang sebelum mengajukan permohonan pinjaman tersebut. Pastikan profit yang nantinya akan kalian dapat bisa untuk membayar cicilan dari pinjaman tersebut.

Kami juga menyarankan agar menggunakan cara ini sebagai pilihan terbaik untuk mendapatkan modal. Mengingat dari kewajibannya yang besar di awal berjalannya sebuah usaha mungkin sedikit lebih berat bagi enterpreneur muda.

Bagi kalian yang merasa terlalu beresiko mungkin bisa mencoba cara lainnya dahulu.

3 Modal Usaha Dari Perjanjian Kerjasama


Bagi kalian enterpreneur muda yang memiliki rekanan ataupun saudara yang sepemikiran serta memiliki minat yang sama untuk ide usaha atau peluang usaha tersebut maka cara ini mungkin bisa kalian lakukan.

Cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan ini cukup mudah yaitu dengan meyakinkan rekan atau saudara kalian tersebut untuk bersama - sama menjalankan ide usaha dan peluang usaha tersebut.

Buatlah perjanjian kerjasama dengan segala perhitungan modal dan pengembalian modalnya sedari awal guna menjauhi konflik di belakang hari. Perjanjian tersebut harus dengan perjanjian tertulis dan harus disepakati oleh semua pihak ya.

4 Modal Usaha Dari Dana Hibah Perusahaan


Setiap perusahaan pemerintah atau swasta selalu memiliki divisi CSR (Corporate Social Responsibility) yang memiliki misi membantu membangun perekonomian masyarakat.

Divisi CSR (Corporate Social Responsibility) ini memiliki budget atau anggaran tersendiri guna mencapai misinya tersebut. Inilah cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan untuk kalian enterpreneur muda lakukan.

Biasanya penyaluran dana ini melalui event competition yang dibuat perusahaan tersebut. Kalian harus mempersiapkan proposal dengan detail perihal ide usaha kalian tersebut dan mampu meyakinkan mereka untuk memberikan dana hibahnya kepada usaha kalian.

5 Modal Usaha Dari Investor


Mirip dengan cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan sebelumnya soal menjalin kerjasama dengan rekan atau saudara kalian.

Cara selanjutnya ini adalah dengan mencari orang ketiga yaitu investor yang bersedia untuk memberikan modal untuk ide usaha kalian para enterpreneur muda.

Perbedaannya dengan cara sebelumnya adalah, investor disini bentuk kerja samanya hanya soal pengembalian dana beserta pembagian keuntungannya saja tanpa mereka ikut serta dalam proses operasional usaha kalian tersebut.

Pengembalian dana modalnya sendiri tidak memberatkan karena para investor mengetahui resiko dari permodalan ini. Untuk itu buatlah kerjasama tertulis yang mencakup semua bentuk kerjasamanya dengan detail sedari awal guan menjauhi hal - hal yang tidak diinginkan kedepannya.


Demikianlah cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan yang dapat kalian coba untuk memulai usaha pertama kalian enterpreneur muda indonesia.

Kuncinya adalah niat yang tinggi. Yakinlah dengan ide usaha kalian sehingga kalian dapat mempresentasikan usaha kalian tersebut dengan baik kepada pihak lain.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi kalian semua enterpreneur muda indonesia.

Salam Sukses!

See you on top!

2 komentar untuk "5 Cara Memperoleh Modal Usaha Dalam Kewirausahaan"

  1. Setuju sama poin nomor satu sih. Setidaknya punya sedikit modal untuk meyakinkan diri memulai usaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling aman no 1 memang. walau kecil tapi hati tenang gak dikejar - kejar tanggungan. jadi lebih optimal usahanya

      Hapus