Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kreatif Mencari Ide Wirausaha Pemula

Mencari ide wirausaha pemula memang tidaklah mudah. Apalagi bagi para enterpreneur muda yang baru terjun ke dunia bisnis dan kewirausahaan,

Ide wirausaha pemula itu sejatinya bisa datang kapan saja dan dimana saja. Akan tetapi kebanyakan dari mereka hanya mencontoh bisnis dan kewirausahaan yang mempunyai popularitas yang tinggi di masyarakat.

Ide Wirausaha Pemula

Dengan mencontoh bisnis dan kewirausahaan tersebut mereka beranggapan akan cepat mendapatkan profit atau keuntungan. Sayangnya dunia bisnis dan kewirausahaan tidak bekerja seperti itu.

Perlu kalian para enterpreneur muda ketahui bahwa sukses dalam dunia bisnis dan kewirausahaan itu tidaklah mudah. Dibutuhkan ide usaha yang terbaik, berbeda dengan yang lain serta banyak memberi manfaat kepada semua orang.

Janganlah kalian terlalu fokus akan sisi profitnya saja dalam jangka waktu yang pendek. Tapi kalian harus berpikir lebih jauh dalam jangka panjang.

Contohnya seperti bisnis batu akik. Apakah para enterpreneur muda disini pernah menekuni atau mengetahui usaha tersebut?

Saat itu batu akik memiliki trend usaha yang sangat baik. Seiring waktu trend tersebut mati dan sudah tidak bisa dinikmati lagi keuntungannya. Jika sudah terjadi seperti itu, bagaimana kelanjutan usaha selanjutnya?

Untuk itulah kalian enterpreneur muda dituntut untuk mencari ide wirausaha pemula yang kreatif, inovatif dan juga memberi keuntungan bagi banyak orang.

Ingatlah dalam prakteknya, sebuah bisnis dan kewirausahaan itu memiliki peluang untuk menjadi sukses dan terus berkembang berkembang apabila bisnis dan kewirausahaan tersebut memiliki tingkat kompetisi yang kecil, dengan tingkat kebutuhan yang tinggi.

Atau jika bisnis dan kewirausahaan tersebut memiliki kompetisi yang sangat ketat akan tetapi juga bisnis dan kewirausahaan tersebut mempunyai keunikan dan keunggulan dibanding kompetitor lainnya.

Be Different!!!

Ok mari coba kita mulai membahas dari mana saja sih ide wirausaha pemula kreatif itu bisa kalian dapatkan? Berikut akan kami berikan sekilas berdasarkan pengalaman kami dalam mendapatkan ide wirausaha pemula saat baru terjun ke dunia bisnis dan kewirausahaan :

1 Berawal Dari Hobi Pribadi


Banyak sekali contoh ide wirausaha pemula yang berawal dari hobi mereka. Bukan tidak mungkin, hakekatnya ini adalah opsi terbaik.

Kenapa? Karena jika kalian menjalankan usaha berdasarkan hobi menjadi alangkah menyenangkannya kalian saat menjalankannya bukan?

Kalian para enterpreneur muda sudah dipastikan tidak akan merasa sedang bekerja menjalankan usaha jika usaha tersebut dimulai dari hobi atau kegemaran kalian.

Selain itu, kalian akan diuntungkan dengan segala informasi perihal dari usaha hobi tersebut karena kalian sudah mengenal seluk beluknya seperti apa sebelumnya.

2 Ide Wirausaha Pemula Dari Pengalaman Kerja


Dalam pengalaman kerja kalian akan banyak mendapatkan masukan soal ide usaha kreatif yang mungkin akan kalian jalankan,

Semisal kalian bekerja di salon, mungkin nantinya kalian dapat membuka usaha salon juga dengan segala ide kreatif yang membuat salon kalian berbeda dengan salon lainnya.

Kalian sudah selangkah lebih maju dalam menjalankan usaha kalian karena kalian memiliki pengalaman kerja sebelumnya sehingga kalian akan sangat mengerti seluk beluk di seputar usaha tersebut.

3 Ide Wirausaha Pemula Dari Keahlian Yang Kalian Miliki


Ini adalah senjata utama bagi kalian para enterpreneur muda yang memiliki spesifik keahlian khusus. Ini bisa menjadi jalan kalian mendapat ide wirausaha pemula.

Contoh seperti apabila kalian adalah lulusan dari teknik mesin dan kalian memiliki keahlian khusus seputar automotive misalnya. Dari sana kalian dapat membuka usaha bengkel atau jual beli kendaraan bermotor.

Itulah sebabnya mengapa kita harus menyelesaikan jenjang pendidikan bagi kalian yang mampu karena ini akan bermanfaat di masa depan kalian.

4 Ide Wirausaha Pemula Dari Sebuah Inovasi


Mendapatkan ide wirausaha pemula ini memang tidak setiap saat. Akan tetapi bisa hadir di sekeliling kalian para enterpreneur muda.

Kalian harus lebih peka melihat ide dan peluang usaha disekitar kalian seputar sebuah inovasi dari usaha yang sudah ada sebelumnya atau pun sebuah usaha baru.

Contohnya semisal sebelumnya belum ada yang menjual donat ubi. Kalian tiba - tiba memiliki ide tersebut dan itu menjadi ide usaha kalian.

Inovasi kreatif tersebut lah yang menghadirkan ide usaha bagi kalian karena kalian peka melihat celah tersebut.

5 ide wirausaha pemula dari Kebutuhan Pasar


Segala macam bisnis dan kewirausahaan yang sukses adalah jenis bisnis dan kewirausahaan yang mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Pasar yang kami maksud adalah orang - orang yang menjadi target penjualan sebuah bisnis dan kewirausahaan  tersebut.

Lihatlah disekitar rumah kalian. Apakah ada kebutuhan dari masyarakat yang mungkin belum terpenuhi oleh usaha di sekitar?

Jika iya maka selamat kalian telah menemukan ide wirausaha pemula yang bisa kalian kerjakan.

6 Rekanan Dan Koneksi Sebagai ide wirausaha pemula


Memanfaatkan rekanan dan koneksi kalian untuk mencari ide wirausaha pemula tidaklah salah. Memanfaatkan disini bukan seperti kemudahan untuk memperoleh sesuatu loh ya.

Yang dimaksud disini adalah semisalnya kalian memiliki rekan seorang dokter. Dok ter pasti membutuhkan makanan sehat bagi tubuh mereka.

Kalian bisa membuat usaha cathering makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan rekanan beserta teman - temannya tersebut.

Sebuah ide wirausaha pemula bukan? Perbanyaklah koneksi kalian seluas - luasnya sehingga kalian dapat banyak ide wirausaha pemula nantinya.


Banyak sekali cara kreatif guna mendapatkan sebuah ide usaha bagi kalian para enterpreneur muda.

Mulailah dari sekeliling kalian dengan koneksi - koneksi kalian tentunya dan pekalah melihat segala peluang dan masalah yang ada.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi kalian enterpreneur muda untuk terjun ke dunia bisnis dan kewirausahaan.

Semoga sukses dan See you on top!

2 komentar untuk "Cara Kreatif Mencari Ide Wirausaha Pemula"

  1. Menjadi seorang wirausaha memang nggak mudah, tapi ya begitulah prosesnya. Satu persatu harus dijalani seperti tips di atas. Makasih gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama - sama. terima kasih sudah mampir :)

      Hapus