Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Berwirausaha Tapi Tidak Punya Modal? Begini Caranya!

Ingin berwirausaha tapi tidak punya modal mungkin menjadi halangan pertama bagi enterpreneur muda indonesia yang baru mulai terjun ke dunia bisnis dan kewirausahaan.

Akan tetapi tidak punya modal bukan berarti kalian tidak bisa memulai sebuah usaha loh ya. Karena di era digital seperti saat ini, kita beruntung karena bisa memulai usaha tanpa modal sekalipun.

Kunci awal untuk Ingin berwirausaha tapi tidak punya modal adalah dengan memaksimalkan segala potensi sumber daya yang kalian miliki. Ini termasuk diri kalian sendiri juga loh ya.

Ingin Berwirausaha Tapi Tidak Punya Modal Dengan 5 Cara Berikut


Ingin-Berwirausaha-Tapi-Tidak-Punya-Modal
 

Jika kalian enterpreneur muda yang minim modal atau tidak memiliki modal maka berikut akan coba kami berikan 5 tips cara yang mungkin bisa kalina lakukan untuk mewujudkan ide usaha tersebut. Mari disimak:

1 Memulai Ide Usaha Kalian Dari Apa Yang Dimiliki

 
Cobalah kalian enterpreneur muda menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Bidang apa sih yang kalian benar - benar kuasai?
  • Apa saja kira - kira keahlian yang kalian miliki?
  • Apakah kalian mempunyai minat atau keinginan yang ingin di rubah menjadi usaha berbasis jasa?
  • Apa saja Aset Yang kalian miliki saat ini?


Pertanyaan - pertanyaan tersebut akan membantu kalian untuk mendapatkan ide usaha yang sangat maksimal dari sisi kalian sendiri dimana kalian akan dapat menjalankannya usaha tersebut dengan maksimal.

Kok bisa? Ya bisa. Usaha tersebut berbentuk jasa yang memanfaatkan skill basic yang kalina miliki. Sudah barang tentu kalian bisa memulainya tanpa modal sedikitpun.

Termasuk aset yang kalian miliki. Misalnya laptop, internet atau kendaraan bermotor misalnya.

Semakin anda gali segala potensi yang kalian miliki, kalian akan mendapatkan banyak sumber daya yang bisa kalian manfaatkan untuk memulai usaha tersebut.

Contoh, bila kalian memiliki skill design grafis. Kalian bisa membuka jasa desain grafis di internet menggunakan laptop kalian yang terkoneksi internet.

Mudah bukan? Usaha kalian berjalan tanpa modal dana yang besar.

2 Jangan Tinggalkan Pekerjaan Kalian


Semangat yang besar disertai keyakinan yang tinggi memang modal yang besar untuk kalian enterpreneur muda memulai sebuah usaha. Akan tetapi perlu di ingat, janganlah kalian langsung meninggalkan pekerjaan kalian saat ini untuk langsung terjun ke dunia bisnis.

Seorang Enterpreneur sukses memang tidak takut untuk mengambil resiko akan tetapi mereka juga tetap realistis akan kondisi mereka.

Lebih bijak jika kalian memulai usaha pertama kalian akan tetapi sambil bekerja di tempat anda sekarang. Mengapa? Hal ini akan membantu kalian merasa aman dengan memperoleh penghasilan tiap bulannya dengan stabil.

Ini juga bisa menjadi solusi untuk usaha kalian yang baru merintis dimana profit yang dihasilkan belum cukup untuk menghidupi keseluruhan usaha kalian tersebut.

Memang harus diakui, menjalankan sebuah bisnis disambi bekerja memang akan menguras banyak pikiran dan tenaga. Tapi coba pikir kembali, alangkah nyamannya kalian menjalani bisnis tersebut tanpa takut tidak memiliki uang untuk bertahan hidup bukan?

Bertahanlah hingga usaha tersebut mencapai level profit yang cukup untuk membiayai kehidupan bulanan kalian, kemudian kalian dapat menentukan kembali apakah resign dari pekerjaan atau kalian masih mampu untuk menjalankan kedua nya dalam satu waktu.

3 Siap Bersusah Payah Membangun Usaha Tanpa Modal


Jika kalian ingin berwirausaha tapi tidak punya modal sudah pasti akan banyak sekali yang harus kalian lakukan, baik dalam mencari modal ataupun melakukan penghematan di dalam proses operasional usaha tersebut.

Kemungkinan besar dan sudah dapat dipastikan kalian pasti akan mengerjakan segalanya sendirian untuk menghemat biaya tentunya.

Berinteraksi dengan klien, membuat produk, mengirimkan produk tersebut, atau juga dalam proses marketing usaha kalina sendiri. Apakah kalian sudah siap bersusah payah?

Sudah dapat dipastikan ini akan sangat melelahkan. Namun harus diingat kembali, jika semua hasil dari semua yang dilakukan akan memberikan hasil terbaik untuk kalian nantinya. Ditambah lagi, dengan kalian melakukan semuanya sendirian dapat membuat kalian jauh lebih menguasai banyak dari fungsi bisnis dengan lebih mendalam.

4 Manfaatkan Kemajuan Internet Dalam berwirausaha


Cara ingin berwirausaha tapi tidak punya modal paling bijak adalah dengan menggunakan kemajuan teknologi internet.

Selain murah, internet terbukti banyak membantu para enterpreneur muda dalam mengembangkan usaha nya di awal - awal dirintis.

Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi internet untuk usaha tanpa modal adalah membuat website untuk menawarkan usaha jasa kalian dan memperkenalkan lebih jauh lagi dengan bantuan social media.

Website disini berfungsi sama seperti kalian membuka toko fisik di sebuah ruko. Tempat dimana kalian menjajakan produk ataupun jasa yang kalian tawarkan.

Berikut coba kami berikan gambaran kepada kalian enterpreneur muda perihal apa saja sih keuntungan dari website dalam pengelolaan usaha kalian:

  1. Biaya yang jauh lebih hemat dibanding dengan membangun toko offline di sebuah bangunan dan saat ini kita bisa membangun toko secara gratis di website marketplace loh.
  2. Menyebarkan informasi usaha baru dengan lebih mudah dan cepattanpa harus mencetak brosur yang memakan biaya.
  3. Usaha kalian bisa dibuka selama 24 jam nonstop tanpa biaya tambahan tentunya.
  4. Gampang bereksperimen dengan usaha kalian dan langsung melihat respon dari market.
  5. Dengan mudah dan tanpa biaya tambahan kalian bisa membuat etalase produk atau jasa usaha kalian dengan sangat leluasa tanpa batas.


Kunci kesuksesan dari website usaha kalian tersebut adalah konten. Buatlah konten yang dapat menarik mata pasar dalam usaha kalian.

Pastikan usaha kalian memiliki keunikan dari usaha lain yang sejenis sehingga dapat membuat usaha tersebut menjadi lebih cepat mendapat perhatian dan mendapat banyak pengunjung.

Gabungkanlah konten website kalian dengan banyak social media agar kalian dapat menjangkau lebih banyak lagi calon - calon konsumen usaha kalian.

5 Mencari Modal Melalui Crowdfunding


Bagi kalian enterpreneur muda yang memiliki sebuah ide usaha yang kreatif serta dapat menarik minat banyak orang, mungkin crowdfunding ini bisa menjadi solusi dalam hal permodalan.
Situs crowdfunding yang terkenal di seluruh dunia saat ini adalah Kickstarter, Indiegogo dan Gofundme. Teruntuk di indonesia sendiri, sudah ada banyak situs crowdfunding juga seperti Kolase, Akseleran, Kitabisa, Gandengtangan dan Ayopeduli.id.

Akan tetapi mendapatkan modal melalui crowdfunding ini tidaklah mudah. Kalian harus berhasil meyakinkan banyak orang agar bersedia untuk ikut serta dalam pengumpulan modal usaha kalian melalui crowdfunding tersebut.

Lakukan riset mendalam perihal usaha kalian serta presentasikan lah sebaik mungkin di dalam situs crowdfunding yang kalian pilih tersebut.



Nah bagaimana enterpreneur muda?

Ingin berwirausaha tapi tidak punya modal masih mungkin bisa kalian wujudkan bukan?

Semoga tulisan kami kali ini makin membuka semangat dan pemikiran kalian sehingga makin terinspirasi untuk memulai usaha pertama kalian walau tanpa modal sedikitpun.

Mulailah semuanya dari ide - ide kreatif kalian. Jangan takut gagal. Coba realisasikan ide kalian tersebut sedikit demi sedikit.

Kelak segala kerja keras kalian akan membuahkan hasil yang sesuai dengan apa yang sudah kalian kerjakan.

SALAM SUKSES!!!

And See You On Top!!!

Posting Komentar untuk " Ingin Berwirausaha Tapi Tidak Punya Modal? Begini Caranya!"