Wirausahawan Sukses Dalam Bidang Kerajinan Yang Menginspirasi - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wirausahawan Sukses Dalam Bidang Kerajinan Yang Menginspirasi

Wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan tidak terlalu banyak saat ini. Padahal banyak yang dapat kita pelajari dari para wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, cerita dibalik wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan dapat menginspirasi dan membuka pikiran kita.

Apakah para enterpreneur muda disini ada yang mengenal beberapa tokoh wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan?

Wirausahawan-Sukses-Dalam-Bidang-Kerajinan


Jika tidak, pada artikel kami kali ini akan memberikan beberapa informasi mengenai kisah - kisah inspiratif wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan yang mungkin dapat menambah semangat kalian untuk mengejar cita cita untuk sukses di bidang bisnis dan kewirausahaan.

Wirausaha Di Bidang Kerajinan Asli Indonesia


1 Komang Adi : Sukses Di Bidang Lukisan


Wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan asli indonesia yang pertama adalah Bapak Komang Adi.

Beliau sejak masih anak - anak sudah sangat menekuni hobi melukis yang beliau miliki. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama, dengan serius beliau melanjutkan sekolahnya di Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Bulan Batu, Sukawati.

Setelah lulus dari SMSR di tahun 1997, tanpa ragu beliau langsung terjun ke dunia bisnis dan kewirausahaan di bidang kerajinan seni lukis.

Wirausahawan-Sukses-Dalam-Bidang-Kerajinan


Karena belum banyaknya peminat lukisannya saat itu, Bapak Komang pun sembari berjualan berbagai macam bingkai foto ataupun untuk lukisan.

Berjualan bingkai sembari melatih kemampuan melukisnya beliau lakukan dengan serius sambil melihat dan mengamati bagaimana arah pasar lukisan akan bergerak saat itu.

Mulai dari berhasil menjual satu hingga 2 lukisan saja hingga berkembang pesat usaha kerajinan lukisannya dibuktikan dengan memiliki galeri lukisan sendiri yang beliau namakan “Komang Adi Galeri” di tahun 2000.

Tidak hanya di indonesia saja, beliau bahkan berhasil menjual karya lukisannya hingga ke luar negeri. Bayangkan, setiap bulannya beliau bisa mengekspor hampir sebanyak 300 lukisan ke berbagai negara.

Konsumen kerajinan lukisan Bapak Komang ini banyak diminati banyak negara dimulai dari Australia, Amerika Serikat, Jerman, hingga Perancis.

Tiap lukisan di galerinya, beliau hargai mulai dari Rp 50 ribu hingga berharga Rp 45 juta. Tidak heran jika omset yang diperoleh beliau perbulannya mencapai Rp 175 juta.

2 Diah Rahmalita : Sukses Dari Kerajinan Limbah


Selanjutnya wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan selanjutnya adalah Ibu Diah Rahmalita, seorang wirausahawan yang sukses mengolah limbah menjadi kerajinan seni yang bernilai jual tinggi.

Usaha beliau dimulai pada tahun 2007. Apakah para enterpreneur muda tau berapa modal yang beliau pakai untuk memulai usahanya?

Wirausahawan-Sukses-Dalam-Bidang-Kerajinan


Usaha pengolahan limbah menjadi kerajinan bernilai jual tinggi ini beliau mulai dengan modal hanya sebesar Rp 1 juta saja loh.

Peluang usaha ini beliau dapat saat beliau menyadari kemampuan melukisnya yang memanfaatkan bahan - bahan limbah seperti piring, gelas, hingga botol beling tersebut ternyata memiliki nilai jual.

Saat itulah beliau memberanikan diri untuk resign dari pekerjaan tetapnya dan memutuskan untuk fokus memulai mengembangkan usaha kerajinannya tersebut.

Ketekunan dan keseriusannya Ibu Diah Rahmalita dalam usaha kerajinannya menjadi modal besarnya hingga membawa beliau sukses seperti saat ini.

3 Dewi Tanjung Sari : Sukses Dari Kerajinan Sampah Daun


Usaha kerajinannya dimulai dari saat ibu Dewi Tanjung Sari saat berkuliah di Universitas Brawijaya tahun 2003 lalu.

Ibu Dewi mendapatkan ide usahanya sata beliau melihat banyak sampah daun yang berserakan di sekitar lingkungan kampusnya.

Memulai usahanya dengan modal Rp 50 ribu rupiah saja ibu Dewi mengolah sampah daun tersebut menjadi kerajinan pigura foto, kotak pensil, undangan, dan berbagai kerajinan lainnya.

Untuk memasarkan dan menjual hasil karya kerajinannya, beliau menggunakan sarana pameran kerajinan yang banyak diadakan di lingkungan kampus maupun di sekitar kota malang saat itu.

Produk kerajinan Ibu Dewi ini berhasil dilirik oleh konsumen dari luar negeri pada tahun 2005 dengan berhasil mengekspor produk kerajinannya ke berbagai negara seperti australia, Hongkong, Malaysia hingga jerman.

Wirausahawan-Sukses-Dalam-Bidang-Kerajinan


Wirausaha Di Bidang Kerajinan Dari Luar Negeri


Selain dari indonesia ada juga wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan yang berasal dari luar negeri seperti berikut ini:

1 Erin Garcia: Pengusaha Kerajinan Sukses Dari Amerika


Pengusaha kerajinan dari negara amerika serikat ini memulai usahanya di tahun 2011 lalu.

Kerajinan yang dibuat adalah berupa kartu ucapan dan juga hiasan - hiasan dinding. Dengan dukungan teman - temannya akhirnya dia memulai usahanya setelah lulus SMA.

Wirausahawan-Sukses-Dalam-Bidang-Kerajinan

Dengan segala kegigihan serta semangatnya hasil kerajinan erin ini berhasil dilirik oleh pemilik toko - toko kerajinan di sekitar rumahnya dan mulai dijual disana.

Karena semakin berkembang erin akhirnya membuat merek dagang terhadap hasil kerajinan miliknya yaitu dengan nama “Feed the Fish co” dan mulai menjual produknya sendiri secara jauh lebih luas lagi.

Erin pun memanfaatkan internet untuk marketing usahanya hingga kini usahanya pun jah lebih berkembang lagi dari usaha kerajinannya.

2 Camilla Westergaard: Sukses Bersama Para Pengrajin


Camilla westergaard memulai usaha yang berkaitan dengan usaha kerajinan di Sheffield, Inggris.

Ada yang menarik dari usaha gadis ini. Usaha kerajinannya tidak berfokus pada memproduksi produk kerajinannya sendiri akan tetapi malah sebaliknya.

Wirausahawan-Sukses-Dalam-Bidang-Kerajinan


Ide usaha ini beliau dapatkan dari pengalaman hidup bersama ibunya yang merupakan seorang pembuat tembikar. Seiring waktu beliau jatuh cinta dengan segala macam produk kerajinan yang dihasilkan ibunya tersebut.

Pada suatu waktu, beliau mendapatkan fakta dimana ibunya beserta para pengrajin lainnya terlalu fokus pada kreativitasnya dan mereka kesulitan saat ingin menjual produknya

Untuk itulah kemudian dia membangun “Folksy” yaitu sebuah platform berupa e-commerce yang dimana menjadi tempat berkumpulnya para pengrajin di Inggris untuk memperkenalkan serta menjual semua karyanya ke pasar secara online.

Meski usaha kerajinannya tidak terfokus pada memproduksi produk kerajinan, namun dia dapat membantu pengrajin - pengrajin tersebut menjual produk nya dengan mudah dan gampang.

3 Radhika AJ: Pengusaha kerajinan sukses dari India


Radhika AJ ini mempunyai sebuah penyakit langka yang dimana membuat dia harus selalu berada di rumah akibat dari tulang-tulangnya yang sangat lemah.

Akan tetapi beliau tidak pernah putus semangat hingga menjadi wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan.

Selama berada dirumah dia tidak hanya berdiam diri saja tapi selalu mengasah kemampuannya untuk membuat berbagai macam kerajinan yang unik.

Wirausahawan-Sukses-Dalam-Bidang-Kerajinan

Produk kerajinan yang bisa dibuat antara lain kartu ucapan, kotak pensil, keranjang, pigura foto, serta yang paling unik adalah berupa boneka Afrika. Keunikan dari produknya adalah ada pada bahan kerajinannya yaitu berasal dari kertas koran bekas.

Dengan dibantu keluarganya dia berhasil menjual produknya dari mulut ke mulut hingga menggunakan internet untuk memperluas pasar produk kerajinannya tersebut.

Sampai saat ini Radhika ini sudah membuat desain boneka afrika lebih dari 200 boneka.


Itulah beberapa contoh wirausahawan sukses dalam bidang kerajinan yang kisahnya sangat menginspirasi. Semoga dari kisah sukses mereka tersebut bisa memberikan ide dalam memulai usaha kalian semua.

Salam sukses!

See you on top!


Posting Komentar untuk "Wirausahawan Sukses Dalam Bidang Kerajinan Yang Menginspirasi"