Wirausahawan Yang Sukses Dibidang Kerajinan - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wirausahawan Yang Sukses Dibidang Kerajinan

Wirausahawan yang sukses dibidang kerajinan sangat menginspirasi bagi banyak enterpreneur muda. Mengapa tidak, Wirausahawan yang sukses dibidang kerajinan tersebut bisa mengolah berbagai bahan yang sederhana atau barang bekas sekalipun menjadi sebuah produk yang bernilai jual tinggi.

Di indonesia ada banyak sekali tokoh - tokoh Wirausahawan yang sukses dibidang kerajinan. Omset yang mereka dapatkan berkisar hinggal 12 milyar per tahun loh. Apakah enterpreneur muda disini tertarik?

Para Wirausahawan yang sukses dibidang kerajinan ini tidak hanya memasarkan produk mereka tersebut di indonesia saja akan tetapi mereka bahkan memasarkannya hingga ke negara tetangga bahkan sampai ke eropa.

Wirausahawan-Yang-Sukses-Dibidang-Kerajinan


tokoh wirausahawan yang sukses itu selalu bisa melihat peluang dan kesempatan mendirikan usahanya di dunia bisnis dan kewirausahaan.

Pada artikel kali ini akan coba kami berikan beberapa contoh dari wirausaha di bidang kerajinan yang sudah sukses dengan ide usahanya serta apa saja yang bisa kita pelajari dari perjalanan panjang mereka di dunia bisnis dan kewirausahaan.


Wirausaha Di Bidang Kerajinan


Kita semua tahu jika indonesia kita tercinta ini sangatlah kaya akan alam nya yang sangat berlimpah maupun kekayaan budayanya.

Furnitur atau kerajinan indonesia sangat terkenal di mancanegara. Khususnya untuk usaha kerajinan sendiri banyak kita temui di daerah - daerah dengan tujuan pariwisata yang tinggi seperti bali dan jogjakarta.

Melihat betapa besarnya peluang usaha kerajinan inilah yang menggerakkan para wirausahawan sukses tersebut membuat inovasi untuk membuat sebuah produk sembari memberikan manfaat ke lingkungan dan sekitarnya.

Tidak heran jika mereka mampu memasarkan produk kerajinannya hingga ke luar negeri sana.

Wirausahawan Muda Di Bidang Kerajinan


Bagaimana sih kesempatan untuk berwirausaha saat ini di bidang kerajinan bagi anak muda indonesia?

Sejatinya tidak ada batasan untuk hal tersebut karena tua ataupun muda memiliki kesempatan yang sama.

Kuncinya hanya satu, bagaimana kalian enterpreneur muda peka terhadap segala kesempatan yang ada di depan mata.

Itu juga yang sudah dilakukan dengan sukses dari mereka wirausahawan yang sukses dibidang kerajinan. Mereka bukan saja peka terhadap peluang yang ada akan tetapi mereka membuat inovasi dengan ide usahanya tersebut.

Siapa yang menyadari jika bahan - bahan sederhana yang murah hingga barang bekas bisa menjadi begitu mahal dan bisa dijual hingga ke luar negeri?

Sukses bukanlah soal umur, semuanya soal bagaimana jalan yang kalian lalui menuju kesuksesan tersebut.

Tokoh Wirausahawan Yang Sukses

1 Eni Aryani


Seorang wirausahawan yang bermodalkan kaleng dan kayu bekas dapat menghasilkan ratusan juta omset per bulannya.

Keterampilan dalam menyulap sampah yang tidak memiliki nilai guna bisa menjadi sebuah kerajinan tangan nilai jualnya sangat tinggi.

Wirausahawan-Yang-Sukses-Dibidang-Kerajinan


terdapat 20 macam varian produk yang beliau hasilkan. Diantaranya adalah guci stempel, kaleng kerupuk, vas bunga, tenong, ceret angkringan, tempat kue, ember, pensil, siraman bunga, dan bermacam produk kebutuhan rumah tangga lainnya.


2 Diah Rahmalita


Di tangan wiraswasta ini barang - bekas tanpa nilai guna bekas yang berupa piring, gelas, serta botol beling dikreasikan sedemikian rupa hingga menjadi barang yang bisa bernilai jual tinggi.

Mbak Diah mengawali bisnisnya tahun 2007 lalu. Usaha tersebut bernama decoupage.

Awalnya Decoupage ini hanyalah side job saja bagi mbak diah, tanpa disangka usahanya berkembang menjadi usaha yang besar.

Wirausahawan-Yang-Sukses-Dibidang-Kerajinan


Pada dasarnya, Decoupage adalah seni dalam menempelkan kertas tisu yang kemudian dilukis dengan memakai cat.

Apakah kalian tahu berapa modal yang dimiliki mbak diah dalam memulai usahanya? 1 juta rupiah saja yang dimana dipakai untuk membeli cat serta media. Sisanya beliau memanfaatkan barang - barang bekas tersebut.

Diah sangat senang menjalani usaha Decoupage ini karena ini adalah hobi nya. Bahkan beliau sama sekali tidak memiliki latar belakang sekolah kesenian.

Omset usaha mbak Diah ini per bulannya berkisar antara 10 hingga 20 juta.


3 Made Sutamaya:


Selanjutnya adalah wirausahawan pengepul sampah kayu yang menjadi pengusaha dengan omset Rp 300 Juta Per Bulan nya. Beliau bernama Made Sutamaya.

Sampah kayu yang sama sekali tidak pernah dilihat oleh orang do kreasikan dengan sangat baik oleh Bli Made ini hingga memiliki nilai jual.

Wirausahawan-Yang-Sukses-Dibidang-Kerajinan


Di dalam usaha bli made yang diberi nama Kioski Gallery, beliau berhasil mengolah begitu banyak tumpukan sampah kayu bekas yang dimana berserakan di pinggir pantai menjadi sebuah desain interior bernilai hingga jutaan rupiah.

Bisnis ini beliau mulai pada tahun 2003. Modal dasar yang membuat beliau sukses adalah pengalaman kerjanya selama 23 tahun pada salah satu perusahaan mebel.

Dan yang mengagetkan lagi Bli Made memulai usaha ini hanya bermodalkan dua karung plastik kayu pantai, paku, serta palu saja.

Sekarang produknya sudah sampai pasar internasional loh seperti Jerman, Perancis, Belanda, Afrika, hingga Italia.


4 Nur Handiyah


Pernahkah kalian berpikir jika sampah tumpukan kulit kerang bisa menghasilkan uang bagi kita?

Wirausahawan bernama Nur Handiyah J Taguba ini mampu membuat produk kerajinan tangan yang berasal dari tumpukan sampah kulit kerang tersebut dengan nilai jual yang tinggi.

Bisnis beliau diberi nama Multi Dimensi Shell Craft yang berdiri dari tahun 2000 ini dimulai dari beliau yang ingin memanfaatkan banyak kulit kerang di pinggir pantai untuk dijadikan hiasan di rumahnya.

Serta Mbak Nur juga ingin menekan jum lah sampah kulit kerang itu sendiri yang berserakan begitu saja di pinggir pantai.

Beliau mendapat pasokan bahan baku melalui para nelayanan di utara jawa. Terbukti usahanya juga membantu lingkungan sekitarnya.

Pada awal usaha, pemasaran produk kerajinannya sangat mengandalkan jaringan rekanan yang cukup luas dari sang suami.

Mereka juga ikut serta aktif dalam setiap pameran kerajinan yang diadakan di seluruh indonesia.

Tidak heran jika beliau dapat mengirim hingga 4 buah kontainer produknya ke berbagai negara di Uni Eropa. Negara yang menjadi tempat berjualannya antara lain Italia, Spanyol, Inggris, Perancis, dan Jerman.

Selain di Eropa, produknya juga dikirim ke berbagai negara lain seperti Amerika Serikat dan juga pasar Timur Tengah.

Wirausahawan-Yang-Sukses-Dibidang-Kerajinan



Demikian sekilas tentang wirausahawan yang sukses dibidang kerajinan yang mungkin dapat menginspirasi kalian dalam melihat kesempatan yang ada di sekitar kalian.

Salam sukses!

See You On Top!


2 komentar untuk "Wirausahawan Yang Sukses Dibidang Kerajinan"

  1. Inspiratif banget. Mereka memang orang-orang hebat yang nggak takut gagal dalam memulai usahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain gak takut gagal, mereka semangat usahanya tinggi sekali makanya sukses usahanya. wajib ditiru

      Hapus