Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tokoh Sukses Wirausahawan Dibidang Kerajinan Rotan

Wirausahawan dibidang kerajinan asal indonesia banyak memberikan contoh bagi para enterpreneur muda. Mengapa tidak, para wirausahawan dibidang kerajinan ini memiliki kisah sukses yang sangat menginspirasi. Apakah diantara kalian ada yang ingin sukses menjadi wirausahawan dibidang kerajinan?

Wirausahawan-dibidang-kerajinan


Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang contoh kewirausahaan di dunia bisnis dan kewirausahaan kerajinan.

Sektor usaha kerajinan mungkin tidak terlalu diminati banyak enterpreneur muda saat ini. Tapi pada kenyataannya banyak pelajaran yang bisa kalian ambil dari kisah - kisah sukses wirausahawan dibidang kerajinan tersebut.

Contoh Wirausaha Di Bidang Kerajinan


Apakah kalian tahu jika banyak wirausahawan dibidang kerajinan yang memulai usahanya dengan modal yang kecil sekali. Bahkan banyak dari mereka yang memanfaatkan barang - barang bekas sebagai modal awalnya.

Dari barang bekas tersebut dapat mereka olah sehingga menjadi sebuah produk kerajinan yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

Selain dari barang bekas, ada juga dari mereka yang memiliki keahlian khusus dalam memproduksi produk kerajinan dari bahan - bahan alam di sekitar kita.

Contohnya saja pemanfaatan rotan untuk menjadi barang kerajinan. Rotan itu sendiri diolah menjadi beberapa produk kerajinan antara lain seperti berikut :

  • Meja dan kursi,
  • Anyaman Furniture,
  • Tas dan Dompet,
  • Sepatu dan Sendal Unik,
  • Tikar atau Lampit,
  • Kap Lampu,
  • Keranjang Rotan,
  • Alas Gelas dari Rotan


Rotan itu sendiri adalah jenis tumbuhan yang berasal dari keluarga puak calameae.

Dahulu kerajinan dari rotan ini pernah menjadi primadona di kalangan masyarakat, akan tetapi seiring waktu kerajinan rotan ini entah mengapa menjadi kurang diminati lagi.

Kesuksesan Wirausahawan Dibidang Kerajinan Rotan


Apakah kalian enterpreneur muda di sini mengetahui jika terdapat sebuah dusun di lombok, Nusa Tenggara Barat yang terdapat sentra pengrajin anyaman dari bahan material rotan, ketak/ate, bambu, kayu dan terakota?

Nama dusun tersebut adalah Dusun Sejagat Desa Beleka, Praya Timur, Lombok Tengah.

Di tahun 1978-1979, terdapat kakak beradik  almarhum bernama Haji Mansyur dan Haji Ghozali yang pertama kali memperkenalkan kerajinan anyaman perabot rumah tangga bagi pasar lokal sekitar desa yang akhirnya membuat Desa Beleka ini menjadi terkenal sebagai pioner penghasil anyaman rotan, kayu dan juga bambu yang sampai saat ini telah berkembang meluas ke desa-desa tetangga.

Seorang Sosok anak muda pada tahun 2010 yang bernama Haryono  Zulkarnaen muncul untuk membesarkan industri anyaman rotan di Desa Beleka dan sekitarnya. Dengan jiwa marketingnya, beliau berinisiatif untuk mengembangkan usaha kerajinan tersebut.

Beliau memiliki tekad yang bulat untuk memberdayakan potensi lokal ini sekaligus membuka banyak lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

Start di awal bersama pemerintah lokal beliau memulai usahanya untuk memasarkan produk kerajinan rotan tersebut lebih luas lagi melalui banyak pameran - pameran kerajinan program pemerintah.

Sampai di tahun 2013,  Haryono sudah berhasil Memasarkan produk anyaman rotan tersebut yang telah diberi merek Unique Lombok ke  Gedung Smesco Indonesia serta masuk ke  Sarinah Department Store Jakarta.

Ribuan produk Unique Lombok ini berkembang pesat di indonesia dikarenakan produk yang dihasilkan memiliki ciri khas handmade dengan kerapihan anyaman rotan yang unik serta diproduksi alami dari sumber daya alam indonesia.

Lalu bagaimana dengan penjualan di pasar ekspornya?

Pak Haryono berhasil mengekspor produk Unique Lombok ini ke mancanegara. Beliau mengakui konsumen mereka di Korea dan Brazil bahkan telah melakukan repeat buying dan membuat order sebanyak 3 kali dalam setahun yang bernilai ekspor rata-rata hampir Rp 600 juta dengan volume sebesar 2000-an pieces tiap order nya.

Wirausahawan-dibidang-kerajinan


Berawal dari niat yang baik dari Pak Haryono ini membuat beliau menjadi salah satu tokoh sukses wirausahawan dibidang kerajinan rotan di indonesia.

Kegigihan serta semangatnya membuat usaha kerajinannya berkembang pesat.

Kalian para enterpreneur muda yang ingin menjadi wirausaha di bidang kerajinan harus mempunyai semangat tinggi serta pintar - pintar melihat peluang di sekitar kalian. Untuk itu mari membuka mata untuk melihat sekitar kalian mulai sekarang.

Siapa yang tahu jika kelak kalian menjadi wirausahawan dibidang kerajinan yang sukses di indonesia,

Semoga sukses!

See you on top!


Posting Komentar untuk "Tokoh Sukses Wirausahawan Dibidang Kerajinan Rotan"