2 Modal Utama Seorang Wirausaha Untuk Sukses - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Modal Utama Seorang Wirausaha Untuk Sukses

Modal utama seorang wirausaha terbagi menjadi 2 kategori. Kategori modal tangible dan modal intangible. Kedua kategori inilah yang menjadi modal utama seorang wirausaha jika ingin sukses dalam dunia bisnis dan kewirausahaan.

2 kategori modal utama seorang wirausaha diatas merupakan pondasi yang akan menopang segala proses usaha kalian kedepannya. Bisa kebayang kan jika bisnis kalian ibarat rumah, apa yang akan terjadi bila pondasinya tersebut tidak kuat?

modal-utama-seorang-wirausaha

Untuk kategori modal tangible adalah modal usaha yang memiliki wujud dan dikenal dengan aset riil berupa uang misalnya. Sedangkan modal intangible sendiri merupakan modal yang tidak berwujud yaitu segala macam seputar Mindset.

Lalu untuk sukses, mana modal yang lebih utama untuk kita persiapkan?

Banyak perdebatan perihal kedua modal utama seorang wirausaha tersebut. Untuk itu pada artikel kali ini akan kita coba menjawab perdebatan tersebut dari sisi pengalaman kami.



Modal Tangible: Uang Dalam Membangun Usaha

modal-utama-seorang-wirausaha

Apapun jenis usaha yang kalian akan mulai, modal uang pasti akan dibutuhkan selama proses memulai usaha tersebut.

Uang bukanlah segalanya akan tetapi selama membangun bisnis tidak dapat kita pungkiri jika modal uang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Walaupun tidak menggunakan uang secara langsung, alat - alat pendukung yang digunakan dalam proses membangun usaha pasti berasal dari uang bukan?

Akan tetapi, walaupun dengan memiliki modal uang yang besar dan banyak belum menentukan kesuksesan usaha kalian. Usaha kalian bisa saja hancur dengan modal uang yang besar jika kalian tidak mampu mengelola keuangan atau cash flow modal tersebut.

Jangan hanya terlalu fokus untuk mencari modal saat kalian ingin membangun sebuah usaha, akan tetapi pelajarilah lebih dalam seputar pengelolaan keuangan. Dengan begitu, saat kalian memiliki modal yang besar maka modal tersebut dapat digunakan secara tepat guna.

Modal Intangible: All about Mindset!

Entrepreneur Mindset, apakah pernah kalian mendengar dari istilah tersebut dalam dunia bisnis dan kewirausahaan?

Ini adalah salah satu modal utama seorang wirausaha untuk mencapai kesuksesan dan mungkin jauh lebih penting dari modal uang.

Mengapa demikian? Karena mindset inilah yang akan menjadi pondasi kuat untuk diri kalian sendiri dalam melewati segala rintangan selama proses berjalannya usaha kalian tersebut.

Dengan mindset yang tepat maka kalian tidak akan pernah untuk berhenti apalagi menyerah. Karena faktanya dalam mewujudkan mimpi menjadi seorang entrepreneur muda tidaklah mudah. Banyak sekali akan kalian temui kerikil - kerikil tajam yang jika kalian tidak mampu menghadapinya maka kalian akan menyerah di tengah jalan begitu saja.

modal-utama-seorang-wirausaha

Entrepreneur Mindset tidak begitu saja hadir pada diri kalian. Dibutuhkan pengembangan secara sadar dari dalam diri untuk memiliki mindset tersebut.

Berikut kami berikan beberapa hal yang harus kalian kembangkan untuk mendapatkan Entrepreneur Mindset di diri kalian masing - masing :

1 Berani Keluar Dari Zona Nyaman Dan Menghadapi Semua Resikonya


Banyak sekali individu yang takut untuk mengambil keputusan dan keluar dari zona nyamannya saat ini. Sayangnya seorang entrepreneur muda yang memiliki Entrepreneur Mindset yang baik adalah mereka yang malah berani dan tidak takut untuk keluar dari zona nyamannya tersebut.

Apakah berani mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman saja sudah cukup?sayangnya tidak begitu saja.

Kalian enterpreneur muda indonesia dituntut untuk terus berusaha secara maksimal untuk mengembangkan diri dengan kapasitas usaha yang lebih besar dan selalu siap untuk menghadapi segala resiko yang akan menghadang selama proses tersebut.

Salah satu contoh simple nya adalah dengan merubah pola pikir “Salaryman” yang di tiap bulannya mendapatkan gaji tetap dengan entrepreneur muda yang pendapatannya tergantung dari proses usahanya sendiri sesuai target nya masing - masing.

2 Selalu Peka Melihat Sebuah peluang


Entrepreneur Mindset selanjutnya adalah perihal bagaimana melihat sebuah peluang. Seorang wirausahawan harus peka dan sangat jeli dalam melihat sebuah peluang usaha yang memiliki potensi keuntungan bagi bisnisnya sendiri ataupun orang lain.

Bahkan enterpreneur muda juga harus membuat peluang mu itu sendiri untuk ditawarkan kepada market target kalian.

Janganlah pernah merasa puas akan satu usaha yang sedang kalian jalankan, karena Entrepreneur Mindset itu selalu memutar otak guna mencari ladang baru untuk digarap.

Untuk peka dan teliti dalam melihat sebuah peluang usaha maka kalian harus terus belajar dan mengembangkan diri agar sudut pandang kalian menjadi jauh lebih luas. Yang paling penting terbukalah akan segala sesuatu, jangan menutup diri akan banyak hal - hal baru yang muncul nantinya.

3 Action, Action And Action!


Sebuah ide di dalam kepala tetaplah hanyalah sebuah ide belaka saja tanpa kalian eksekusi menjadi nyata. Itulah mengapa antara ide usaha atau inovasi dan eksekusi adalah 2 hal yang tidak terpisahkan.

Saat memiliki ide, mulailah membuat plan terhadap ide tersebut dari nol. Setelah itu kalkulasikan segala kebutuhan beserta segala resikonya dan mulailah eksekusi.

Bukan soal cepat atau tidaknya kalian mengeksekusi ide tersebut, akan tetapi seberapa terstruktur plan kalian guna mewujudkan hal tersebut.

Entrepreneur Mindset ini akan membuat kalian menghilangkan kebiasaan bermalas - malasan yang tidak guna tersebut. Mulailah bergerak untuk mewujudkan ide - ide kalian.

4 Menikmati Segala Proses Yang Dijalani Secara Positive


Selama terjun ke dunia bisnis dan kewirausahaan, kalian akan menghadapi segala macam lika - liku perjuangan.

Seorang yang memiliki Entrepreneur Mindset, apapun yang terjadi selalu mengambil sisi positifnya sebagai proses pembelajaran agar kedepannya mereka tidak menemui problem yang sama.

Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin matangnya diri kalian dalam dunia bisnis dan kewirausahaan ini.

Demikianlah artikel “2 Modal Utama Seorang Wirausaha Untuk Sukses” ini kami paparkan semoga memberikan banyak inspirasi bagi entrepreneur muda indonesia untuk mulai berbenah terhadap mindset - mindset yang tidak sesuai.

Salam sukses!

See you on top!

1 komentar untuk "2 Modal Utama Seorang Wirausaha Untuk Sukses"