Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tahapan Ketika Seorang Wirausaha Akan Memulai Berwirausaha

Tahapan ketika seorang wirausaha akan memulai berwirausaha haruslah cermat dan tepat. Untuk sukses dalam bisnis dan kewirausahaan kalian harus melalui beberapa tahapan ketika seorang wirausaha akan memulai berwirausaha nya. Untuk itu semoga artikel “12 Tahapan Ketika Seorang Wirausaha Akan Memulai Berwirausaha” ini bisa menginspirasi kalian semua.

Masalah yang selalu menjadi hambatan terbesar bagi para enterpreneur muda dalam membuka usaha pertamanya adalah “memulainya”.

tahapan-ketika-seorang-wirausaha-akan-memulai-berwirausaha


Ya, bingung untuk memulai dari mana atau kapan harus memulai usahanya tersebut.

Jika kalian mengalami hal yang sama seperti itu maka artikel ini akan memberikan kalian gambaran perihal apa aja sih tahapan ketika seorang wirausaha akan memulai berwirausaha.

Berikut ke 12 tahapan yang harus kalian enterpreneur muda lalui:


1 Mempersiapkan Mental Dan Keyakinan Tinggi


Siapkan mental dan keyakinan kalian untuk memulai usaha. Terdengar simple dan tidak masuk akal bukan?

Faktanya banyak enterpreneur muda yang gagal ditengah jalan dalam proses pengembangan usahanya gagal dan berhenti untuk melaju di dunia bisnis dan kewirausahaan.

Perlu diingat, mental seorang wirausaha berbeda dengan mental karyawan sebuah perusahaan. Tanpa ada niatan untuk merendahkan pekerjaan karyawan tentunya. Perbedaan yang mendasar adalah pada bagaimana mengelola keuangan.

Seorang karyawan dengan pasti mendapatkan pendapatan dari gajinya setiap bulan. Kebanyakan dari mereka menggunakan gaji bulanan untuk dihabiskan. Sedangkan bagi wirausaha, mereka tidak memiliki pendapatan tetap di tiap bulannya dengan begitu saat mereka memiliki keuntungan dari usahanya maka mereka cenderung akan menginvestasikan kembali keuntungannya guna diputar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi kedepannya.

Mental ini akan membuat kalian selalu berusaha untuk berinvestasi tanpa meningkatkan tingkat konsumtif kalian. Sedangkan keyakinan itu sendiri untuk menjaga kalian tetap berada di jalur wirausaha hingga mencapai titik yang kalian impikan.

2 Memperhitungkan Dan Mempersiapkan Modal


Selalu di ingat modal disini bukan hanya perihal finansial saja akan tetapi modal secara keseluruhan baik dari keilmuan, pengetahuan perihal usaha yang akan dijalankan serta modal resource apa saja yang kalian miliki untuk menjalankan usaha tersebut.

Perhitungan yang baik dan cermat sedari awal akan membuat proses pembangunan usaha kalian akan lancar karena segala persiapan sudah kalian pikir matang sedari awa.

Khusus untuk modal finansial, jika kalian bingung bagaimana harus mendapatkan modal maka kalian bisa membaca artikel kami sebelumnya disini.

3 Memilih Bidang Usaha Yang Dikuasai


Jika ini adalah usaha pertama kalian maka wajib hukumnya kalian menjalankan jenis usaha yang memang sudah sangat kalian kuasai.

Hal ini dikarenakan untuk menjauhi segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada usaha kalian karena kurangnya bidang usaha yang kalian pilih tersebut.

4 Menentukan Tempat Usaha


Sebelum menghabiskan atau mempersiapkan modal kalian harus menentukan dimana kalian akan menjalankan usaha kalian tersebut.

Saat ini semua jenis usaha bisa dijalankan secara offline dengan menyewa toko atau secara online menggunakan internet.

Jika secara offline maka carilah tempat yang sesuai dengan modal kalian dan jangan memaksakan diri untuk menyewa tempat yang mahal.

Saran kami mungkin jika bisa dijalankan secara online jauh lebih baik karena kalian dapat menghemat banyak biaya untuk lokasi usaha.

5 Fokus Pada Satu Usaha Dahulu


Para enterpreneur muda harus fokus dalam satu jenis usaha dahulu hingga usaha tersebut bisa berjalan secara otomatis tanpa harus kalian awasi dengan penuh setiap saat.

Karena banyak usaha yang dijalankan belum menentukan kesuksesan kalian karena jika belum siap maka ada kemungkinan kalian akan bingung mengatasi sebuah masalah karena pikiran yang sudah bercabang kemana - mana.

6 Mempersiapkan Teknik Marketing Kreatif


Semakin kreatif teknik marketing kalian akan membuat usaha kalian menjadi lebih cepat untuk maju dan berkembang.

Gunakan kemajuan teknologi guna menerapkan teknik marketing kalian misalnya dengan internet dan perkembangan social media belakangan ini.

7 Berbisnis Dengan Jujur Dan Amanah


Bagaimana kalian mengelola bisnis maka akan menentukan bagaimana usaha kalian kedepannya.

Selalu menjalankan usaha dengan kejujuran dan amanah guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan pernah kalian berbisnis dengan melakukan tindakan curang kepada siapapun apa lagi kepada para konsumen kalian karena ini tidak akan berakibat baik pada usaha kalian itu sendiri serta nama baik kalian di mata rekanan bisnis lainnya.

8 Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM)


Perhitungkanlah kebutuhan SDM yang kalian butuhkan untuk memulai usaha. Jika membutuhkan karyawan maka cari lah karyawan dengan baik dan benar.

Sesuaikan dengan jiwa kalian agar kedepannya tidak terjadi konflik. Banyak cara untuk mencari karyawan saat ini, tapi yang terpenting adalah disesuaikan juga dengan besar modal yang kalian miliki.

9 Mengelola dan Merencanakan Keuangan Usaha Yang Baik


Kita sudah menjelaskan dengan detail tahapan ini pada artikel sebelumnya. Silahkan kalian baca artikelnya Disini.

10 Segera Bergerak Untuk Memulai Usaha


Jika segalanya sudah kalian siapkan maka segeralah mulai!

Jangan ragu atau tidak percaya diri. Buang pikiran - pikiran tersebut karena pikiran itu hanya memperlambat kemajuan kalian pastinya.

11 Menyiapkan Manajemen Resiko


Tidak ada di dunia ini yang tanpa resiko. Segalanya pasti memiliki resiko dalam menjalankannya, sekalipun dalam dunia usaha.

Untuk itu persiapkanlah manajemen risiko yang baik guna mempersiapkan jika resiko tersebut datang untuk memperlambat kemajuan usaha kalian.

12 Antisipasi Dan Siap Untuk Gagal


Hal yang paling terburuk yang akan terjadi pada usaha kalian adalah kegagalan.

Tidak ada yang ingin menemui hal tersebut akan tetapi tidak ada salahnya kita harus siap dan mengantisipasi jika kemungkinan gagal itu datang.


Demikianlah artikel “12 Tahapan Ketika Seorang Wirausaha Akan Memulai Berwirausaha”  ini, semoga bisa menginspirasi dan membantu kalian enterpreneur muda dalam memulai suaha pertamanya.

Salam sukses!

See you on top!

2 komentar untuk "12 Tahapan Ketika Seorang Wirausaha Akan Memulai Berwirausaha"

  1. Bener banget. Semua poin-poinnya related banget sama kehidupan nyata seorang wirausaha.

    BalasHapus