Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Memulai Wirausaha Secara Teknis Dan Tepat

Tahapan memulai wirausaha merupakan salah satu tahap dalam berwirausaha yang tidak mudah untuk dilakukan. Setiap enterpeneur muda yang ingin melakukan tahapan memulai wirausaha harus berani dan sadar atas semua resiko yang ada. Karena dalam menjalankan tahapan memulai wirausaha tidaklah semudah yang dibayangkan.

Akan ada banyak halangan, akan ada banyak sekali tantangan yang akan menuntut semangat kalian dalam mencapai tujuan tersebut.

tahapan-memulai-wirausaha



Lalu bagaimana sih cara memulai sebuah usaha? Apakah kalian dapat memulai usaha pertama tersebut?

Jawabannya adalah BISA asalkan kalian berani dan percaya diri penuh semangat untuk memulai usaha tersebut.

Pada artikel kami kali ini, akan kami paparkan tahapan secara sederhana untuk memulai usaha pertama kalian yang harus kalian jalani satu persatu.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Dalam Kewirausahaan


Tahapan memulai wirausaha memang penting, akan tetapi sebelum itu kalian harus menyadari bahwasannya kewirausahaan sendiri memiliki beberapa tahap dalam perjalanannya.

Untuk secara umum terdapat 4 tahap dalam proses melaksanakan kewirausahaan:

1 Tahap Memulai Usaha


Ini adalah mungkin posisi kalian saat ini. Pada tahap ini semua calon - calon enterpreneur muda pasti memiliki niat untuk membangun usaha pertamanya dan pasti akan mempersiapkan segala yang diperlukan serta mengawalinya dengan mencari atau mendapatkan peluang usaha yang menjadi target usahanya.

Bidang usaha yang akan dilaksanakan juga dimulai dari tahap ini. Sehingga begitu penting dan krusialnya tahap ini bagi wirausaha pemula.

2 Tahap Pelaksanaan Usaha


Setelah memulai usahanya, tahap selanjutnya enterpreneur muda harus menghadapi berbagai macam aspek terkait proses usahanya seperti pengelolaan biaya, SDM, kepemilikan usaha, organisasi kepegawaian, karakter kepemimpinan termasuk bersiap menghadapi segala resiko yang mungkin menghadang.

Proses evaluasi dan pengambilan keputusan sangat dibutuhkan di tahap ini. Jadi semua harus sudah diperhitungkan sedari tahap awal perihal manajemen resiko.

3 Tahap Mempertahankan Kestabilan Usaha


Pada tahap ini para enterpreneur muda dituntut untuk mengevaluasi segala hasil usaha baik untung maupun rugi. Kondisi yang sudah berjalan harus di evaluasi lebih lanjut dan dilakukan pengambilan keputusan guna mempertahankan usaha kalian berjalan dengan normal.

4 Tahap Untuk Mengembangkan Usaha


Tahap ini sudah waktunya enterpreneur muda untuk semakin berkembang. Kalian enterpreneur muda janganlah pernah merasa puas akan hasil yang di dapat. Putar terus modal usaha kalian untuk mengembangkan usaha kalian menjadi lebih besar lagi.


5 Tahapan - Tahapan Memulai Wirausaha Pertama

 

tahapan-memulai-wirausaha

Ok, selanjutnya mari kita langsung menuju topik utama dari artikel ini yaitu tahapan memulai wirausaha bagi enterpreneur muda.

Menurut Lembaga Wirausaha Ciputra pernah katakan, ada 5 tahapan memulai wirausaha yang sangat sederhana dan mudah dimengerti oleh siapa saja yang ingin memulai usaha pertamanya.

1 Menentukan Bidang Dan Ide Usaha


Usaha apa yang ingin kalian mulai? Peluang usaha apakah yang kalian temui?

Banyak orang yang sukses di dunia bisnis dan kewirausahaan karena mereka menjalankan usaha dengan bidang yang mereka sukai.

Bagi kalian enterpreneur muda yang ingin memulai usaha memiliki 2 pilihan yaitu memulai usaha di bidang yang kalian sukai atau menjalankan jenis usaha yang belum pernah ada sebelumnya namun memiliki peluang yang cukup besar.

2 Menentukan Visi Dan Misi Dalam Usaha


Bayangkan usaha yang akan kalian jalankan bagaikan sebuah kendaraan. Kemanakah kendaraan tersebut akan kalian kendarai? Dimana tujuan dari kalian mengendarai kendaraan tersebut?

Itulah fungsi dari visi dan misi di dalam usaha kalian tersebut. Dengan jelasnya visi dan misi usaha kalian maka akan terlihat jelas tujuan dan bagaimana langkah yang akan kalian ambil secara terstruktur untuk mengembangkan usaha kalian.

3 Mulai Dan Bergeraklah


Apapun ide atau perencanaan usaha yang kalian miliki, sebagus apapun itu makan tidak akan menghasilkan apa - apa jika kalian tidak segera memulai dan bergerak untuk mewujudkan usaha tersebut. Segera mulai usaha kalian tersebut dan jangan pernah takut jika kalian sudah merencanakannya dengan baik dan matang pastinya.

4 Jangan Berhenti Belajar


Enterpreneur muda, ketahuilah bahwa dunia bisnis dan kewirausahaan saat ini persaingannya sangatlah ketat dan sengit. Kalian harus mampu bertahan di tengah kondisi itu.

Jika kalian berhenti belajar dan mengikuti perkembangan usaha maka sudah pasti kalian tidak akan mampu mengikuti kompetitor usaha kalian lainnya. Untuk itu jangan pernah berpuas diri.

Teruslah menggali ilmu dimanapun dan kapanpun karena hal tersebut akan berguna bagi kalian dalam menjalankan usaha kalian tersebut.

Hal ini juga akan semakin mengasah kreatifitas kalian dalam berinovasi di dunia bisnis dan kewirausahaan.

5 Siap Untuk Menghadapi Semua Masalah Ataupun Kegagalan


Ini adalah tahap terakhir yang harus kalian jalani. Di tahap ini semua resiko harus dihadapi. Walaupun resiko itu adalah kebangkrutan dari usaha yang kalian mulai.

Evaluasi segala masalah dan kegagalan tersebut untuk menjadi bahan perbaikan untuk diri kalian sendiri atau usaha kalian lainnya nanti.


Demikianlah tahapan memulai wirausaha yang harus enterpreneur muda ketahui disini agar kalian dapat memulai usaha pertama kalian dengan lancar dan mantap. Ikuti tahapan memulai wirausaha diatas maka kesuksesan pasti akan datang kepada kalian.

Sampai bertemu di artikel kami selanjutnya. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kalian semua.

Salam sukses!

See you on top!

2 komentar untuk "Tahapan Memulai Wirausaha Secara Teknis Dan Tepat"

  1. Oke mantap. Terima kasih gan artikelnya sangat bermanfaat. Semangat terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga sudah mau mampir ya...

      Hapus