Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Wirausaha Pemula Dan Cara Mendirikan Usaha Pertamanya

Wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha adalah momok terbesar bagi para enterpreneur muda. Kebanyakan dari kalian pasti tidak mengetahui bagaimana dan dari mana harus memulai sebuah bussiness.

Sebuah ide bussiness hanya menjadi sebuah ide saja jika kalian para enterpreneur muda indonesia tidak mengusahakannya untuk terwujud.

Para artikel kami ini, akan kami coba menjabarkan wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha sedari awal dari apa langkah awal untuk memulai usaha, serta bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil.



Wirausaha Pemula Dan Cara Mendirikan Usaha

Langkah awal untuk memulai usaha?


Kebanyakan daripada enterpreneur muda indonesia mengalami hambatan dalam mencoba memulai ide usahanya. Dimulai dari mana, apa yang harus dilakukan dan masih banyak lagi pertanyaan - pertanyaan lainnya.

Jika enterpreneur muda indonesia disini mempunyai banyak ide usaha, mulailah dari langkah yang kecil dahulu. Jangan terfokus jauh ke langkah yang besar saat memulai ide usaha kalian.

Berikut kami jabarkan beberapa langkah awal untuk memulai ide usaha kalian :

1 Persiapkan Mental Yang Kuat


Menjadi seorang enterpreneur muda dibutuhkan mental yang sangat kuat, berbeda dengan mental seorang karyawan.

Kebanyakan karyawan cenderung menghabiskan gaji bulanannya. Sedangkan para enterpreneur muda harus menginvestasikan uangnya tanpa sempat untuk menikmatinya sedikitpun untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar di masa mendatang.

Disamping itu enterpreneur juga harus mempersiapkan mentalnya apabila rencana usahanya harus gagal atau keadaan terburuknya yaitu mengalami kebangkrutan dan kehilangan semua uang yang di investasi kan. Sudah siapkah mental kalian?

2 Kesiapan Modal Usaha


Persiapkan modal untuk memulai usaha kalian atau sesuaikan lah usaha kalian dengan jumlah modal yang kalian miliki. Modal yang kami maksud disini terfokus pada uang ya.

Banyak keluhan enterpreneur muda perihal modal untuk memulai usaha ini. Jangan mengeluh, modal besar ataupun kecil kalian bisa memulai usaha kalian dengan perhitungan yang benar.

Mulailah usaha yang kecil dahulu untuk modal yang kecil. Tapi kalian dapat mencari modal melalui para investor. Pada artikel selanjutnya akan coba kami jelaskan bagaimana cara mencari modal dari investor.

3 Menentukan Bidang Usaha Yang Dijalankan


Pilihlah bidang usaha yang kalian kuasai. Untuk usaha awal janganlah kalian memulai usaha dari bidang usaha yang sama sekali kalian tidak ketahui seluk beluknya.

Wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha dimana memulai bidang usaha yang mereka kuasai akan memiliki kesempatan sukses di masa depan yang lebih besar dibanding sebaliknya.

4 Mencari Lokasi Usaha


Dimanakah kalian akan menjalankan usaha kalian? Online, offline atau bahkan keduanya?

Jika kalian menjalankan usaha offline, lokasi adalah salah satu faktor penentu kesuksesan usaha kalian. Pilihlah lokasi yang strategis dimana lokasi tersebut dekat dengan segala aktivitas banyak masyarakat seperti perkantoran, lingkungan sekolah ataupun dekat dengan kampus perkuliahan.

5 Fokuslah Pada Satu Usaha


Mulailah sebuah usaha dan fokuskan segala pikiran dan waktu kalian untuk mengembangkan usaha kalian tersebut dahulu.

Jika kalian enterpreneur muda yang baru memulai usaha, jangan mencoba usaha yang lain sebelum usaha pertama kalian sukses atau gagal dahulu.

6 Gunakan Marketing Kreatif


Mengenalkan usaha kalian pada masyarakat di saat ini terbilang cukup mudah. Dengan bantuan internet melalui social media kalian dapat menyebarluaskan informasi seputar usaha kalian guna mencari pelanggan.

Kreatiflah dalam memarketingkan usaha kalian. Jika kalian menggunakan ide kreatif dalam marketing usaha kalian tersebut kesempatan untuk suksesnya usaha kalian menjadi lebih besar.

7 Berbisnis Yang Baik Dan Amanah


Bisnis itu semudah kalian membeli barang seharga Rp 1.000 kemudian menjualnya lagi lebih mahal seharga Rp 1.500 misalnya.

Selalu berbisnis dengan jujur dan penuh amanah karena itu merupakan jalan suksesnya usaha kalian. Setiap kekecewaan pelanggan terhadap usaha kalian, jadikan lah itu sebagai bahan untuk berubah lebih baik lagi untuk usaha tersebut.

8 Mencari Karyawan


Untuk awal usaha mungkin usaha kalian belum membutuhkan karyawan. Tapi seiring membesarnya usaha kalian sudah pasti kalian membutuhkan bantuan untuk mengelola usaha kalian dari orang lain.

Hitunglah kebutuhan karyawan di usaha kalian dan sesuaikan dengan kemampuan kalian. Atau kalian dapat meminta bantuan dari anggota keluarga kalian untuk membantu sehingga usaha kalian dapat berjalan lebih mudah dan lancar kedepannya.

9 Rencanakan Keuangan Usaha Dengan Baik


Banyak sekali enterpreneur muda yang gagal di tengah jalan dikarenakan management keuangan mereka yang sangat buruk.

Untuk kalian yang baru memulai usaha, persiapkanlah rencana keuangan kalian dengan baik. Catat pemasukan dan pengeluaran usaha kalian dengan rapi serta pisahkan rekening usaha dan rekening pribadi kalian.

Banyak pengusaha yang gagal karena keuangan pribadi dan bisnis, tercampur aduk.

10 Segera Mulai Ide Usaha Kalian


Apakah pada langkah ini sudah kalian persiapkan segala? Jika sudah maka mulailah ide usaha kalian tersebut. Jangan kalian ragu!!!

11 Management Risiko Usaha


Tidak ada usaha yang tidak ada resikonya sama sekali. Kalian enterpreneur muda harus menyadari hal ini dan persiapkan segala macam resikonya dengan baik.

Jika kalian sudah siap, maka apabila hal terburuk itu terjadi maka kalian akan siap menghadapinya serta melaluinya dengan baik sehingga usaha kalian tidak akan terganggu sama sekali.

12 Selalu Bersiap Mengantisipasi Kegagalan Usaha


Sedia payung sebelum hujan. Ingat lah selalu pepatah tersebut untuk kalian enterpreneur muda indonesia.

Siapkan sebuah rencana apabila hal yang paling buruk terjadi. Apa saja yang akan kalian lakukan agar tidak panik di moment - moment seperti itu. Kalian diharuskan untuk bersikap tegas, gesit dalam bertindak, utamanya saat terjadi sesuatu yang tidak di inginkan terjadi pada usaha kalian.


Bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil?


Problem selanjutnya yang ditemui wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha adalah urusan modal. Dari pertanyaan modal di dapat dari mana hingga mereka hanya mempunyai modal yang kecil.

Disini akan coba kami berikan beberapa strategi bagi kalian enterpreneur muda untuk memulai usaha pertama kalian dengan hanya bermodalkan uang yang bisa dikatakan kecil.



Apakah bisa usaha berjalan dengan modal kecil? Oh tentu saja bisa. Semua balik lagi kepada bagaimana kalian enterpreneur muda dalam menjalankan usaha kalian tersebut.

Dan berikut adalah strategi cara memulai usaha dengan modal kecil

Wirausaha Pemula Dan Cara Mendirikan Usaha

Melakukan Riset Market Untuk Ide Usaha


Untuk kalian enterpreneur muda indonesia, pastikan sebelum kalian memulai usaha kalian telah melakukan riset pasar terhadap ide usaha kalian. Apalagi jika modal yang kalian miliki terbatas atau cenderung bermodal kecil.

Fungsi dari melakukan riset pasar tersebut adalah kalian akan mendapat gambaran detail mengenai peluang usaha akan kalian lakukan seperti bagaimana masyarakat akan merespon usaha kalian tersebut, mengetahui siapa pesaing usaha kalian yang ada di pasaran saat ini, dan hasil dari riset tersebut dapat memberi kalian referensi bagaimana nantinya mengelola bisnis di tengah ketatnya persaingan.

Memulai usaha dengan modal kecil memang selalu identik dengan sebuah usaha yang sederhana. Akan tetapi bukan berarti keuntungan yang didapat dari usaha tersebut juga sedikit ya. Mulailah dari kecil dan lama - lama menjadi besar.

Mengatur Modal Usaha Dengan Tepat Dan Cermat


Strategi selanjutnya untuk cara memulai usaha dengan modal kecil setelah kalian menyelesaikan riset kalian adalah mengalokasikan dana modal kalian dengan tepat dan cermat.

Untuk kalian enterpreneur muda, cara termudah untuk mengalokasikan dana modal dengan tepat dan cermat adalah dengan membagi modal usaha kalian menjadi 2 bagian yaitu :
 

  1. Capital Expenses, segala bentuk modal yang dipakai guna mempersiapkan segala macam alat kebutuhan usaha anda. Sebagai contoh misalnya para enterpreneur muda disini membuka usaha snack di rumah. Capital expenses nya adalah untuk membeli segala kebutuhan untuk membuat toko online, membeli sebuah PC atau laptop, modem internet, hingga membeli alat - alat untuk produksi lainnya. 
  2. Operational Expenses, modal yang dipakai untuk kebutuhan kegiatan operational usaha kalian yang mencakup biaya untuk listrik, internet, sewa tempat, gaji pegawai, dan lainnya.


Dengan mengalokasikan modal usaha kalian tersebut dengan tepat akan membantu kalian enterpreneur muda mengoperasikan keuangan bisnis dengan lebih efisien serta tepat guna.

Mencari Supplier Bahan Baku Murah Berkualitas


Jika usaha kalian membutuhkan bahan baku tertentu dalam produksi usaha, maka untuk menghemat pengeluaran modal kecil maka strategi ini wajib dilakukan.

Coba untuk kalian mencari dan mendapatkan supplier bahan baku yang dibutuhkan dimana mereka mampu memberikan bahan baku berkualitas akan tetapi dengan harga yang murah.

Hal itu tidak semudah yang kalian pikirkan sebelumnya. Cobalah untuk bernegosiasi perihal harga tersebut kepada supplier kalian. Jika bisa dilakukan, cobalah menjalin kemitraan bersama mereka agar kalian tidak pusing lagi untuk ketersediaan bahan baku tersebut di masa mendatang.

Menghemat Modal Usaha


Pada pos Capital Expenses di modal kalian diatas, kalian harus dapat menekan segala pengeluaran.

Segala peralatan yang hendak kalian beli sebisa mungkin dicari dengan harga yang semurah mungkin akan tetapi tidak mengurangi fungsi alat itu sendiri. Kalian tidak mesti membeli peralatan yang baru.

Peralatan bekas dengan kualitas yang masih sangat bagus juga banyak kalian temukan di internet saat ini..

Coba jika kita bandingkan, apabila membeli semua peralatan usaha yang dibutuhkan dalam kondisi yang baru, sudah pasti modal untuk usaha kalian akan cepat habis dan tidak tepat guna. Lebih bijak bagi kalian apabila dapat menekan modal sedari awal sehingga modal yang tersisa bisa untuk dialokasikan akan kebutuhan lainnya yang lebih urgent.

Mencari Lokasi Untuk Menjalankan Usaha


Di masa modern seperti saat ini, segala usaha bisa dilakukan dengan cara offline ataupun online. Kami menyarankan bagi kalian yang memiliki modal pas - pasan alangkah baiknya dan apabila bisa dilakukan dengan cara online.

Cara tersebut dapat menghemat banyak sekali dari modal usaha kalian. Namun apabila usaha tersebut ingin kalian jual dengan cara konvensional maka bijaklah dalam memilih lokasi usaha tersebut.

Mulailah dulu usaha tersebut di rumah kalian sendiri memanfaatkan sedikit ruangan pada rumah kalian masing - masing. Dengan seiring berkembangnya usaha kalian nanti barulah dapat mencari tempat lain dengan space yang lebih besar lagi.

Maksimalkan Tenaga Yang Dimiliki


Ini adalah hubungannya dengan butuh atau tidaknya kalian terhadap karyawan dalam menjalankan operasi usaha tersebut.

Untuk langkah awal apabila usaha kalian tersebut dapat dilakukan sendiri maka dirasa tidak perlu kalian mencari karyawan di langkah awal ini.

Namun apabila memang membutuhkan bantuan, cobalah kalian meminta bantuan kepada keluarga terdekat untuk membantu usaha tersebut. Hal ini adalah untuk menekan pengeluaran modal usaha kalian sehemat mungkin.

Promosi Maksimal Melalui Social Media

Wirausaha Pemula Dan Cara Mendirikan Usaha

Saat usaha mulai berjalan lakukankanlah promosi usaha kalian dengan menggunakan social media sebagai media promosi. Hal ini dapat mengurangi biaya promosi usaha kalian dengan signifikan.

Selain itu pada kenyataanya promosi melalui social media sangatlah efektif untuk perkembangan usaha saat ini.

Persiapkan materi marketing yang kreatif dan unik guna menggaet pandangan pasar pada produk atau usaha yang kalian lakukan.



Demikianlah wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha nya dari awal dan menjalankan usaha tersebut dengan modal yang kecil.

Semoga dapat menginspirasi enterpreneur muda disini untuk menjalankan usaha pertama kalian. Tetap fokus dan yakin. Salam sukses!

See you on top!!!


2 komentar untuk "Bagaimana Wirausaha Pemula Dan Cara Mendirikan Usaha Pertamanya"

  1. Wah, dapet ilmu yang bermanfaat banget nih. Makasih gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng kalau artikel kami berguna. makasi sudah mampir :)

      Hapus