10 Hal Yang Diperlukan Wirausaha Untuk Memulai Bisnis Baru - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hal Yang Diperlukan Wirausaha Untuk Memulai Bisnis Baru

Yang diperlukan wirausaha untuk memulai bisnis baru bukan hanya semangat yang tinggi dan kepercayaan diri saja. Banyak yang diperlukan wirausaha untuk memulai bisnis baru nya. Pada artikel ini akan kami berikan 10 hal yang diperlukan wirausaha untuk memulai bisnis baru tersebut.

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru


Dengan segala resiko dari menjalankan sebuah usaha maka ada beberapa hal yang harus kalian enterpreneur muda persiapkan untuk memulai bisnis kalian tersebut.

Berikut adalah 10 hal yang diperlukan wirausaha untuk memulai bisnis baru tersebut :

Mendapatkan Mitra Bisnis Yang Tepat

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Hal ini khusus untuk jenis usaha dengan skala yang mungkin melebihi kemampuan kalian sendiri. Jika dibutuhkan team yang kuat maka kalian harus mempersiapkan hal ini dengan mencari mitra bisnis yang tepat dan satu visi dan misi dengan kalian tentunya agar usaha kalian nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Menentukan Jenis Dan Bidang Usaha Yang Tepat

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Jangan pernah menjalankan jenis atau bidang usaha karena kalian enterpreneur muda hanya ingin mengikuti tren atau cuma ikut - ikutan berbisnis saja karena hal ini dapat membuka pintu kegagalan lebih lebar lagi di depan mata kalian.

Pilihlah dengan bijak jenis atau bidang usaha yang akan kalian jalani. Selain itu tentukan juga produk atau jasa yang akan kalian tawarkan kepada calon konsumen kalian nanti serta apa media yang akan kalian manfaatkan untuk usaha, online atau media konvensional?

Tentukanlah sedari awal sebelum memulai bisnis baru kalian.

Mempersiapkan Produk Atau Jasa Dengan Baik

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Produk atau jasa apa yang ingin kalian usahakan? Bagaimana cara membuat produk tersebut? Apakah anda membutuhkan bantuan orang ketiga untuk produksi produk? Apa keunggulan yang kalian tawarkan kepada konsumen dari produk tersebut?

Pertanyaan - pertanyaan seputar produk atau jasa yang kalian tawarkan tersebut harus disiapkan sebelum memulai bisnis baru.

Selain itu pikirkan juga bagaimana packaging atau media promosinya nanti.

Kenali Dan Kuasai Pasar Target Usaha Kalian

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Dibutuhkan riset dan survey mendalam guna mendalami pasar target usaha kalian nantinya. Kalian dapat mepelajarinya lebih detail pada artikel kami Disini.

Feedback yang akan didapat dari proses survey dan riset tersebut akan mampu membuat usaha kalian berkembang lebih cepat.

Tentukan Nama Usaha Sebagai (Branding)

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Branding adalah fase penting untuk usaha kalian nantinya. Dengan brand yang kuat dan bagus dapat dipastikan akan menarik banyak mata di pasar target kalian. Kreatiflah dalam menentukan branding usaha kalian.  Berbedalah dari yang lain dan presentasikan jenis usaha kalian dengan branding yang kuat.

Tentukan Sumber Modal Finansial Usaha

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Berapakah modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kalian? Dari mana modal tersebut kalian dapatkan?

Ini hal penting juga dalam memulai bisnis kalian yang baru. Persiapkan sebelum usaha dimulai dengan jelas agar proses pembangunan usaha kalian lebih lancar kedepannya dan tidak terhenti karena kehabisan modal di tengah jalan.

Perencanaan Bisnis Yang Sistematis Dan Rapi

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Mulailah dari visi dan misi usaha kalian. Apa saja target yang ingin kalian capai dalam usaha baru kalian tersebut? Dari sana kalian dapat menentukan langkah - langkah apa yang harus dilalui untuk mencapai tujuan akhirnya.

Tujuan yang jelas akan menambah semangat kalian selama proses berkembangnya usaha kalian tersebut.

Menentukan Pusat Kegiatan Bisnis

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Hal ini harus kalian tentukan sedari awal. Apakah kalian akan menjalankan kegiatan bisnis kalian secara konvensional seperti sebuah toko atau kalian akan berkegiatan usaha menggunakan media online. Tentukanlah hal ini agar kalian dapat mengatur angka modal yang dibutuhkan.

Mencari Karyawan

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Jika memang usaha kalian membutuhkan bantuan karyawan maka carilah dahulu karyawan yang sesuai dengan karakteristik kalian. Hal ini berguna untuk menjauhi segala konflik di lingkungan kerja yang akan mengganggu stabilitas proses usaha kalian.

Menyiapkan Segala Legalitas Usaha

yang-diperlukan-wirausaha-untuk-memulai bisnis-baru

Besar atau kecil skala bisnis kalian, sudah waktunya kini mengurus dengan rapi perihal legalitas usaha. Hal ini akan banyak manfaatnya seperti jika usaha kalian makin berkembang dan membutuhkan suntikan dana, maka dengan segala legalitas yang sudah kalian siapkan ini akan membawa kalian ke jalan untuk mendapat suntikan dana tersebut.


Demikianlah beberapa hal yang diperlukan wirausaha untuk memulai bisnis baru. Semua hal tersebut akan membantu kalian dalam menjalankan usaha dengan lancar kedepannya. Jika disiapkan dengan matang maka pintu kesuksesan akan terbuka lebar.

Salam sukses!

See you on top!

2 komentar untuk "10 Hal Yang Diperlukan Wirausaha Untuk Memulai Bisnis Baru"

  1. Wah, informatif banget buat pemula yang baru mau merintis usaha.

    BalasHapus