Langkah Mudah Berbisnis Sejak Usia Dini - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Berbisnis Sejak Usia Dini

 

Image by StartupStockPhotos from Pixabay

Sejatinya, berbisnis tidak mengenal usia. Siapapun bisa mulai berbisnis dan tidak ada pebisnis yang terlalu muda atau terlalu tua. Karena ukuran kemampuan menjalankan bisnis adalah adanya kompetensi yang cukup dan semangat berjuang yang tinggi. Saat ini, menemukan pengusaha yang masih berusia belia bukanlah sesuatu yang aneh. Sekarang ini, semakin banyak orang yang memulai bisnisnya sedini mungkin untuk mendapatkan kebebasan finansial secepat mungkin

Jika saat ini anda masih berusia belia namun sudah tertarik untuk menjalankan bisnis anda sendiri, perhatikan beberapa langkah mudah untuk menjalankan bisnis anda:

Pilih Bisnis yang Anda Suka

Hal pertama sebelum mulai berbisnis adalah pilih bisnis sesuai hobi anda atau tentukan jenis barang/ jasa yang anda sukai. Dengan mengenal dan melakukan apa yang anda sukai, akan menjadi titik awal agar anda tidak cepat bosan dan selalu semangat menjalankan bisnis tersebut

Biasakan Berpikir dan Berkata Positif

Membiasakan diri untuk selalu berpikir dan berkata positif mungkin terdengar sepele. Tapi dengan membiasakan hal – hal kecil seperti ini akan membentuk kepribadian seorang pebisnis yang kuat di dalam diri anda. Selain itu, dengan membiasakan diri berpikir dan berkata positif, anda akan terlatih untuk melihat hal – hal yang baik dan bermanfaat yang nantinya baik untuk membentuk pribadi yang lebih bijak dalam mengambil segala keputusan.

Tentukan Siapa saja yang bisa Pembeli anda

Setelah menentukan bisnis apa yang anda jalankan, tentukan juga siapa kira – kira yang akan membeli produk anda. Apakah yang akan membeli juga kelompok pelajar seperti anda, atau yang sedang ngekos? dan kenapa mereka mau membeli produk anda.

Dengan mempertimbangkan hal – hal seperti ini, anda akan tahu produk anda harus dikemas bagaimana agar menarik dan bisa dijual ke orang – orang tersebut

Ambil Peluang yang Anda

Menjadi pebisnis harus pintar mengambil peluang yang ada.  Cobalah melatih diri anda untuk mengambil peluang bisnis yang ada di sekitar anda. Kira – kira produk barang atau jasa apa yang bisa dijual ke masyarakat sekitar atau teman satu sekolah anda. Dengan melatih diri sendiri seperti ini, anda akan terbiasa mengambil peluang dengan kritis.

Manfaatkan Sosial Media

Saat ini, teknologi digital semakin massif pergerakannya. Hampir semua orang memiliki HP pintar yang berisi berbagai media social di dalamnya. Untuk itu manfaatkan media social untuk mempromosikan bisnis anda dan untuk menjangkau pasar yang lebih besar lagi.

Jadilah Pebisnis yang Tidak Penakut

Menjadi pebisnis berarti akan bersahabat dengan keberhasilan dan juga kegagalan. Untuk itu, yakinkan diri anda untuk tidak menjadi penakut. Eksplor kemampuan anda sedalam – dalamnya untuk menciptakan produk terbaik, dan cobalah teknik marketing paling radikal sekalipun asal cara tersebut dipilih dengan bijak dan tidak membahayakan diri dan keluarga, tentunya sah – sah saja.

Selalu Lakukan yang Terbaik

Biasakan diri untuk melakukan yang terbaik. Menjadi pengusaha, melakukan hal yang terbaik untuk kemajuan usahanya akan berimbas pada kesejahteraan diri, kesejahteraan karyawan, dan kepuasan konsumen

Temukan Mentor

Sama seperti murid yang butuh gurunya untuk keberhasilan di sekolah, seorang pebisnis juga memerlukan panduan mentor untuk membawanya sukses dalam berwirausaha. Bertemanlah dengan siapapun yang memiliki bisnis yang berhasil, bisa jadi itu orangtua anda, orangtua teman, atau pembicara seminar dikomunitas bisnis anda.

Jadilah Berani

Melatih keberanian sejak dini harus dilakukan oleh calon pebisnis, karena masih banyak pebisnis yang gagal karena takut mencoba dan takut gagal. Inilah factor yang menjadi hambatan, padahal jika tidak dicoba tidak akan tahu apakah akan berhasil atau tidak.

Itu dia beberapa langkah yang bisa dipersiapkan sebelum membuka bisnis. Buat perencanaan yang matang, latih diri anda dengan langkah – langkah diatas, dan mulailah bisnis sedini mungkin.

Posting Komentar untuk "Langkah Mudah Berbisnis Sejak Usia Dini"