5 Hal Persiapan Sebelum Memandikan Anjing - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Persiapan Sebelum Memandikan Anjing

Jika kita sudah berkomitmen untuk memelihara anjing, berarti kita juga harus selalu siap untuk merawatnya, termasuk memandikannya secara rutin. Memandikan anjing secara rutin bukan hanya membuat anjing tetap bersih dan sehat, namun juga menjaga kita dari virus atau bakteri yang dapat ditularkan oleh anjing.  

Untuk memandikan anjing, kita bisa membawanya ke petshop atau memandikannya sendiri. Tentu saja pilihan kedua jauh lebih murah dan lebih mudah jika ukuran anjing sangat besar, apalagi jika kita mempunyai banyak anjing kan? Namun, sebelum memandikan anjing kamu, terdapat macam-macam persiapan yang harus kamu perhatikan.

1. Tentukan Tempat

Kamu bisa menentukan tempat, baik di kamar mandi atau di garasi. Namun sebaiknya kamu memandikannya di kamar mandi dengan pintu yang tertutup untuk menghindari anjing kabur karena ketakutan. 

2. Siapkan Peralatan Mandi

Peralatan mandi anjing yang harus kamu siapkan adalah shampoo dan bedak anjing, handuk, sisir, blower atau hairdryer. Setelah itu, kamu bisa menyiapkan ember yang diisi dengan air hangat kuku. Perlu diperhatikan suhu air, jangan terlalu dingin karena bisa membuat anjing mengigil dan jangan terlalu panas karena dapat melukai kulitnya. 

3. Siapkan Minyak Sayur dan Gunting

Dikutip dari artikel di okdogi.com, jika terdapat zat lengket seperti getah atau cat di bulu anjing kamu, kamu bisa menggosokan dengan minyak sayur dan diamkan selama 24 jam. Apabila tidak kunjung hilang, kamu bisa menggunting bulunya yang terkena zat lengket tersebut.

4. Potong Kuku Anjing Terlebih Dahulu

Untuk menghindari luka cakaran dari anjing kamu, sebelum memasukan anjing dalam ember berisi air, sebaiknya kamu memotong kukunya dengan gunting kuku. Ingat, jangan terlalu dalam memotongnya karena dapat melukai anjing kamu. Kalau ada kotoran yang dalam, kamu bisa menggunakan pinset untuk membersihkannya. 

5. Berikan Kapas ke Telinga Anjing

Kamu bisa memasukan bola kapas ketelinganya untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga. Ukuran bola kapas harus berukuran cukup besar agar tidak sampai masuk ke dalam telinga anjing. 

Jika kelima persiapan tersebut sudah siap, kamu sudah bisa memandikan sekaligus bermain air dengan anjing kesayanganmu. Jika si anjing berontak saat dimandikan,  jangan memukulnya ya! Karena perbuatan tersebut justru membuat anjingmu semakin marah dan stres lho. 

Posting Komentar untuk "5 Hal Persiapan Sebelum Memandikan Anjing"