Persiapkan Barang-Barang Ini Sebelum Memelihara Kelinci - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapkan Barang-Barang Ini Sebelum Memelihara Kelinci

Persiapkan Barang-Barang Ini Sebelum Memelihara Kelinci

Bagi kamu yang akan atau ingin memelihara kelinci, kamu wajib mengetahui peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan sebelum mengadopsi si kelinci. Pastinya kamu tidak mau kan si kelinci merasa tidak nyaman karena ada peralatan yang belum dimiliki? Simak langsung yuk barang-barang apa saja yang kamu perlukan. 

1. Tempat Tinggal yang Layak untuk Kelinci

Dalam menentukan tempat tinggal untuk si kelinci, kamu mempunyai dua pilihan, yaitu menempatkannya di kandang atau menggunakan ruang kamar dengan menggunakan play pen atau pagar pembatas.

Jika kamu ingin menempatkannya di kandang, kandang tersebut tidak boleh terlalu kecil. Minimal ukuran kandang untuk kelinci tipe mini seperti Dwarf, Mini Dutch, Holland Lop adalah 40 x 60 cm. Sedangkan untuk kelinci tipe besar seperti Rex, Mini Lop, Dutch dan Anggora), ukuran minimal kandangnya adalah 50 x 60 cm. 

Selain kandang, kamu juga bisa menaruh kelinci di ruangan dengan play pen atau pagar pembatas. Tentunya kamu juga harus menaruh litter box (kotak tempat kotoran), seperti yang digunakan oleh kucing. Isilah litter box dengan tumpukan koran dan potongan-potongan kertas. Jangan menggunakan pasir yang sama dengan kucing, karena itu dapat berbahaya jika dihirup oleh si kelinci. 

2. Tempat Makanan dan Minuman

Kamu bisa menyediakan mangkuk untuk tempat makanan binatang seperti biasanya sebagai tempat menaruh makanan si kelinci. Kemudian, untuk tempat minumnya, kamu bisa membeli tempat minum yang berbentuk hampir mirip dengan dot terbalik. Biasanya tempat minum ini bisa digantungan pada kandangnya

3. Makanan dan Minuman Kelinci

Untuk makanan si kelinci, kamu bisa memberikan timothy hay (rumput kering) sebagai makanan utamanya. Rumput kering ini sangat berguna untuk kelancaran pertumbuhan si kelinci. Selain itu, kamu bisa memberikannya pelet untuk kelinci. Semua makanan ini bisa kamu beli di petshop. 

Untuk minumannya, jangan lupa untuk selalu menyediakan air bersih dan menggantinya setelah 24 jam untuk menjaga kesehatan si kelinci.

4. Sisir Kelinci

Kamu wajib mempersiapkan sisir untuk bulu si kelinci ya. Menyisir bulu kelinci dapat menstimulus sel-sel saraf rambut, sehingga berguna untuk kelebatan bulu si kelinci dan menjaga kesehatannya lho. 

5. Mainan Kelinci

Kamu bisa membuat mainan yang dapat menstimulus kerja otak si kelinci, biasanya dengan barang-barang yang bisa ia gigit. Kamu bisa menyiapkan bola dari anyaman atau karton bekas tisu gulung, serta memasukkan rumput kering didalamnya. 

Kamu jugs bisa membuat mainan dari kotak kardus yang dibolongi, atau membuat istana kelinci dari kardus yang dapat berisi tunnel (lorong-lorong kecil) untuk tempat main sekaligus tempat persembunyian si kelinci. 

Sebaiknya kamu pastikan kembali barang-barang di atas sudah tersedia sebelum si kelinci kamu bawa ke rumah. Tidak susah kan barang-barang yang dibutuhkan? Semua barang-barang tersebut akan mudah kamu temukan di petshop. Sedangkan untuk mainan, untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan, kamu bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang sudah ada, seperti kardus. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Persiapkan Barang-Barang Ini Sebelum Memelihara Kelinci"