5 Cara Melatih Kucing Agar Nurut & Pintar - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Melatih Kucing Agar Nurut & Pintar

ara Melatih Kucing Agar Nurut & Pintar

Melatih kucing agar menjadi penurut dan pintar adalah kegiatan yang termasuk sulit dan dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Kucing adalah mahluk hidup yang sangat independen, sehingga tidak mudah untuk melatih kucing. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui trik-trik agar si kucing menjadi kucing yang pintar dan penurut. Mari kita simak!

1. Jadwal yang Rutin

Kunci utama dalam melatih kucing adalah konsisten dan rutin. Kamu harus melatihnya setiap hari dan kalau bisa di jam yang sama agar kucing menjadi terbiasa untuk melakukannya.

Misalnya jika kamu ingin melatih si kucing untuk menggunakan toiletnya. Cara mengajarkannya adalah kamu harus selalu mengantar atau membawa si kucing ke litter box-nya sehingga ia tahu bahwa disitu adalah tempatnya untuk membuang air kecil ataupun besar. Biasanya kucing memerlukan waktu 20 menit setelah makan untuk buang air.

Kamu juga bisa melatih si kucing agar bisa meminta makannya sendiri. Caranya adalah kamu bisa memberikannya makan, misalnya tiga kali sehari di jam-jam yang sama. Nantinya, mendekati jam makannya, si kucing akan terbiasa untuk meminta makannya dan mendekati kamu untuk diberi makan. 

2. Bermain Dalam Jangka Waktu Tertentu

Kalau kamu ingin melakukan trik-trik seperti melempar bola atau melakukan high five, kamu harus melakukannya dalam jangka waktu yang singkat, misalnya selama 15 menit. Karena waktu latihan yang lama akan membuat si kucing tidak tertarik lagi dengan permainan. 

3. Melatih si Kucing Sedari Kecil

Melatih anak kucing (kitten) jauh lebih mudah daripada melatih kucing yang usianya sudah lebih tua. Jika kita sudah melatihnya sejak kecil, maka akan lebih mudah untuk si kucing mengingatnya hingga tumbuh besar. Namun, kalau kamu baru mengadopsi kucing yang berumur 7 bulan keatas, kamu bisa menanyakan ke penjual atau pemilik sebelumnya apa saja kebiasaannya. 

4. Beri Makanan sebagai Hadiah

Biasakan kamu memberinya hadiah berupa camilan atau makanannya sesaat si kucing selesai latihan atau melakukan hal-hal pintar, seperti buang air ditempatnya, berhasil melakukan high five, atau berhasil menangkap bola yang kamu lempar. Hadiah-hadiah kecil seperti itu akan membuat kucing senang dan tidak malas jika akan berlatih lagi.

5. Memberikan Kasih Sayang, Kesabaran dan Perhatian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa melatih kucing diperlukan kesabaran yang tinggi. Selain itu, untuk membuat kucing kita menjadi pintar dan penurut dibutuhkah kasih sayang dan tidak boleh kasar, dalam arti melakukan kontak fisik seperti memukul. 

Setelah membaca cara-cara melatih si kucing di atas, sebenarnya tidak terlalu sulit bukan? Namun, kamu memang membutuhkan banyak waktu dan kesabaran yang tinggi setiap akan melatih si kucing, sehingga perilaku dan sifatnya menjadi seperti yang kamu inginkan. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Cara Melatih Kucing Agar Nurut & Pintar"