Cara Ampuh Mengatasi Kerontokan Bulu pada Kucing - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengatasi Kerontokan Bulu pada Kucing

Kerontokan Bulu pada Kucing

Kerontokan bulu pada kucing memang sudah biasa dan wajar terjadi, karena memang ada waktu-waktu tertentu bulu tersebut rontok dan nanti akan tumbuh lagi. Apalagi untuk kucing betina, pada saat mereka birahi maupun hamil, kerontokan bulu sangat wajar terjadi. 

Namun, untuk kerontokan bulu kucing yang sudah parah dan terjadi terus menerus, kamu harus menindaklanjuti karena penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti tidak cocok terhadap makanan & vitamin, tidak enak badan atau terkena kutu, tungau atau jamur, serta penyebab-penyebab lainnya. 

Kalau kucing kamu mengalami penyebab seperti yang disebutkan di atas, jangan khawatir! Cara mengatasinya mudah kok. Berikut ini adalah caranya:

1. Mengganti Shampoo 

Sama hal nya dengan manusia yang bisa tidak cocok dengan merk shampoo, kucing juga bisa tidak cocok dengan shampoo yang mereka gunakan yang bisa membuat mereka kehilangan bulu secara berlebihan. Maka dari itu, kamu harus mengganti shampoo mereka. 

Kalau kamu bisa membawa kucing ke petshop untuk dimandikan, kamu bisa berbicara kepada petugas yang memandikannya untuk meminta diganti shampoo-nya. 

2. Mengganti Makanan atau Vitamin

Salah satu penyebab kerontokan bulu pada kucing juga bisa disebabkan oleh ketidakcocokan pada makanan atau vitamin yang kamu berikan. Solusinya adalah sebaiknya kamu mengganti makanan dan vitaminnya, bisa dengan makanan dan vitamin khusus untuk memperkuat dan mempercantik bulu.

3. Berikan Daging Sapi

Daging sapi yang kaya asam lemak Omega-6, sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan bulu kucing. Kamu bisa berikan daging cincang sapi, bisa diberikan secara mentah maupun direbus setengah matang, tergantung kesukaan kucing kamu. 

Namun, kamu harus pintar-pintar untuk memilih daging sapi dengan kualitas yang bagus ya. 

4. Memberikan Minyak Ikan

Selain asam lemak Omega-6, asam lemak Omega-3 juga tidak kalah bagus untuk mengatasi kerontokan bulu kucing. Contohnya adalah minyak ikan. Dengan rutin memberikannya minyak ikan, bulu kucing kamu pasti lebih sehat dan terawat.

5. Menyisir Bulu

Salah satu penyebab kerontokan bulu pada kucing adalah terkena kutu atau tungau. Salah satu cara untuk mengusirnya adalah menyisir bulu dengan sisir khusus kucing. 

Selain itu, menyisir bulu juga bisa bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh dan mendeketkan hubungan emosional antara kucing dan pemiliknya. 

6. Jaga Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang si kucing juga bagian dari mengatasi kerontokan, karena kotornya kandang bisa menyebabkan penyakit-penyakit dan bisa memberi rasa tidak nyaman. Kucing kesayanganmu pun bisa stres dan akhirnya mengalami kerontokan. 

7. Membawa ke Dokter Hewan

Jika kerontokan bulu kucing kamu sudah sangat parah, sebaiknya kamu memeriksakannya ke dokter. Dokter bisa memberikannya suntikan vitamin atau memberikan obat khusus untuk si kucing. 

Kerontokan bulu kucing memang terdengar biasa saja, namun hal tersebut bisa menjadi bahaya bila tidak segera ditangani. Sebagai pemilik, kamu harus teliti dan tanggap dengan apa yang terjadi pada kucing kamu. Pastinya, kamu tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kucing kesayanganmu kan?  

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi Kerontokan Bulu pada Kucing"