Persiapkan Barang-barang ini Sebelum Mengadopsi Kucing - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapkan Barang-barang ini Sebelum Mengadopsi Kucing

barang ini Sebelum Mengadopsi Kucing

Bagi kamu yang sudah memutuskan untuk memelihara kucing, kamu butuh menyiapkan barang-barang untuk keperluan si kucing. Mulai dari tempat tidur sampai mainannya. Memang terdapat beragam peralatan yang akan dibutuhkan si kucing, namun untuk awalnya, kamu bisa membeli barang-barang ini terlebih dahulu.

1. Tempat Makanan dan Minuman

Peralatan yang harus kamu punya untuk menyambut si kucing adalah tempat makanan dan minumannya. Bentuk dan ukurannya bermacam-macam, ada yang menyambung menjadi satu dan ada yang terpisah. Kamu juga bisa membeli tempat makanan/minuman otomatis (akan terisi sendiri ketika habis), jadi jika si kucing tidak akan kelaparan jika kamu sedang berpergian.

2. Makanan Kucing 

Bagi kamu yang baru pertama kali memelihara kucing, kamu bisa menanyakan makanan yang bagus dan sesuai dengan kondisi kucing kamu kepada penjual atau jika kamu mengadopsi kucing, kamu bisa menanyakan makanan yang biasa si kucing makan, misalnya si kucing biasa diberikan makanan seperti merek Pro Plan atau Rolay Canin.

3. Kandang

Kandang berguna untuk tempat tidur si kucing. Ukuran dan bentuknya pun bermacam-macam, kamu bisa sesuaikan dengan besar badan si kucing. Ada yang hanya berbentuk persegi biasa dengan satu lantai sampai ada yang bertingkat-tingkat, kamu bisa membelinya sesuai dengan anggaran yang kamu punya.

Guna kandang kucing selanjutnya adalah menghindari kucing kabur saat malam hari saat kita tidur serta memberikan ‘rumah’ untuk si kucing tidur, makan dan buang kotoran. 

4. Litter Box

Litter Box adalah tempat kucing buang air besar atau kecil. Jika kamu memiliki kandang, kamu bisa menaruhnya di dalam kandang atau kamu juga bisa menempatkannya di sudut atau balkon rumah, yang penting adalah pastikan si kucing tahu di mana ia harus membuang kotorannya. 

5. Serokan

Serokan berguna untuk mengambil kotoran si kucing. Namun, biasanya saat kamu membeli pasir, kamu akan mendapatkan serokan ini secara gratis. 

6. Pasir / Litter

Untuk mengisi litter box, kamu bisa mengisinya dengan pasir khusus kotoran kucing. Sebaiknya kamu memilih pasir yang dapat menggumpal saat si kucing buang air kecil. Mengapa? Karena akan memudahkan kamu dalam membersihkannya di mana kamu hanya perlu mengangkatnya dengan serokan. Kamu juga bisa memilih pasir yang wangi agar menetralisir bau dari kotoran si kucing. 

7. Startcher Cat Tree / Mainan Penggaruk Kucing

Kucing mempunyai kebiasaan mencakar-cakar sesuatu, biasanya sofa dan kasur. Kamu tidak mau kan kalau sofa dan kasur kamu rusak karena cakaran-cakaran kucing? Nah, kamu bisa membelikan mainan ini untuk tempat si kucing mencakar-cakar. 

8. Bedak Kucing

Jika kamu sedang sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk memandikan si kucing, kamu bisa menggunakan bedak khusus kucing untuk mandi kering. Hal ini berguna untuk mencegah jamur tumbuh di badan si kucing. 

9. Pet Carrier

Pet carrier atau tas kucing ini bisa digunakan sebagai tempat untuk membawa si kucing saat kamu pergi ke petshop untuk memandikannya, ke dokter hewan, atau saat bepergian. 

10. Peralatan Mandi (Opsional)

Jika kamu memutuskan untuk memandikan si kucing di rumah, tentu kamu harus menyiapkan beberapa peralatan mandi yang dibutuhkan. Umumnya adalah shampoo, parfum, ember, alat potong kuku, sisir dan blower (pengering) untuk memandikan si kucing. 

Memelihara kucing bukanlah hal yang mudah. Terbukti kan, diawalnya saja sudah banyak barang yang harus dipersiapkan. Namun, bagi kamu yang sudah mantap untuk mengadopsi kucing, kamu bisa menyicil dikit demi sedikit, sesuai dengan anggaran biaya yang kamu punya ya.  

Posting Komentar untuk "Persiapkan Barang-barang ini Sebelum Mengadopsi Kucing"