Kenali Tanda-Tanda Kucing Sakit - NIAT USAHA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Tanda-Tanda Kucing Sakit

Kenali Tanda-Tanda Kucing Sakit

Memelihara kucing adalah suatu hal yang menyenangkan bagi penggemarnya. Namun, salah satu hal yang paling ditakutkan penggemar kucing apalagi orang yang baru saja mengadopsi kucing adalah saat kucing sakit atau bersikap lain dari biasanya. Kamu tidak mau kan telat mengetahuinya kalau ternyata si kucing sedang sakit? Maka dari itu, yuk simak ciri-ciri kucing yang sedang sakit.

1. Perubahan Sikap 

Tanda-tanda kucing sakit yang pertama adalah perubahan pada sikap si kucing. Apabila kucing yang biasanya aktif dan tiba-tiba menjadi pendiam, lesu, bahkan hingga mengumpat dipojok-pojok area yang tidak bisa dijangkau (pojok bawah kasur), hal itu bisa menandakan bahwa kucingmu sedang sakit.

2. Menurun atau Meningkatnya Nafsu Makan

Dikutip dari artikel cattery.co.id, Kucing yang tidak mau makan juga bisa menjadi tanda bahwa dirinya sedang sakit, mulai dari sakit gigi sampai kanker ginjal. Maka dari itu kita harus waspada bila kucing kita tidak mau makan, apalagi dalam kurun waktu 1x24 jam. Bila hal itu terjadi, si kucing wajib di bawa ke dokter karena ada kemungkinan kucing tersebut mengidap penyakit yang cukup serius.

Kalau kucing tidak mau makan adalah tanda bahwa ia sakit mungkin hal tersebut adalah tanda-tanda yang normal. Namun, ternyata meningkatnya nafsu makan kucing yang tiba-tiba dan tidak wajar juga patut diwaspadai loh. Bisa jadi hal tersebut adalah tanda-tanda munculnya penyakit, seperti diabetes.

3. Nafas yang Tidak Sedap

Apabila kamu sudah curiga ada yang bermasalah dengan si kucing, kamu bisa membuka mulut si kucing dan mencium baunya. Apabila nafasnya mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap, bisa jadi kecurigaan kamu benar bahwa si kucing sedang sakit.

4. Perubahan Kotoran (poop dan urin)

Kucing yang sedang sakit juga bisa dilihat dari buang air besar dan kecilnya. Kamu bisa memerhatikan frekuensi serta bentuk poop dan warna urinnya. Misalnya poop-nya yang cair atau sangat keras bisa menandakan si kucing mengalami gangguan pencernaan. 

Untuk masalah urin, apabila si kucing terlalu sering pipis, bisa jadi terkena diabetes. Sebaliknya jika kucing tidak bisa pipis dan bolak-balik ke liter box-nya namun tidak ada cairan keluar, bisa jadi si kucing terkena penyakit pada saluran kandung kemihnya. 

5. Mengeluarkan Cairan Berlebih 

Apabila si kucing mengeluarkan cairan berlebih di mata, telinga, hidung dan atau mulut, ini bisa menandakan bahwa kucing kamu sedang sakit. Misalnya kucingmu sedang terkena flu. 

6. Kerontokan Pada Bulu Kucing

Kerontokan bulu pada kucing memang normal terjadi. Namun, apabila kerontokan tersebut dalam jumlah yang sangat banyak dan tidak wajar, maka kamu perlu mewaspadainya. Bisa jadi kucingmu terkena bakteri atau virus tertentu lho.

7. Pembengkakan pada Tubuh 

Apabila kucing terkena infeksi atau sedang mengalami luka, si kucing bisa mengalami pembengkakan pada area yang sedang terinfeksi atau terluka. Jika kondisinya parah, segera bawa kucingmu ke dokter hewan ya untuk tahu lebih lanjut tentang penyakit yang dideritanya. 

Sebagai pemilik dari si kucing, maka kamu sendiri yang tahu betul kebiasaan dan sikap kucingmu. Apabila terdapat perubahan-perubahan yang sangat aneh pada si kucing dan kamu tidak tahu harus berbuat apa-apa, kamu bisa membawa atau memanggilkannya dokter hewan. Keterlambatan penanganan bisa berakibat fatal bagi si kucing lho!

Posting Komentar untuk "Kenali Tanda-Tanda Kucing Sakit"